Selasa, 20 Oktober 2020 21:22

​Pesta Miras Oplosan Berujung Maut, Empat Warga Kediri Tewas Beruntun

Rabu, 16 September 2020 22:05 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
​Pesta Miras Oplosan Berujung Maut, Empat Warga Kediri Tewas Beruntun
Kasubbag Humas Polres Kediri, AKP Iwan Setyo Budhi saat memberi keterangan kepada wartawan di Mapolres Kediri, Rabu (16/9). foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Empat orang warga Kabupaten Kediri tewas secara beruntun selama tiga hari, dua masih dirawat di RSUD di Pelem, Pare karena overdosis miras oplosan.

Keempat korban yang meninggal dunia itu adalah Suliswanto (35) dan Agus Setyawan (38), warga Desa Kambingan Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Serta Nguji (39) dan Eko (40) pemilik rumah, warga Banjaranyar, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Sedangkan yang saat ini dirawat di rumah sakit ada dua orang.

Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono melalui Kasubbag Humas AKP Iwan Setyo Budhi, membenarkan kejadian tersebut. Anggota Opsnal Polres Kediri sudah berada di lokasi kejadian untuk melakukan penyelidikan.

Menurut AKP Iwan, Minggu (13/9) lalu, sekitar pukul 14.00 WIB, enam orang menggelar pesta miras oplosan di rumah Eko, warga Banjaranyar, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Empat korban meninggal bersama dengan dua orang temannya, yaitu Purwadi dan Agus Ngali sedang pesta miras bersama di rumah kontrakan Eko (meninggal) di Desa Banjaranyar, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri.

"Saat itu Eko (meninggal) langsung mengambil minuman oplosan kurang lebih 10 botol kecil ukuran 600 ml. Usai menghabiskan minuman keras oplosan, sekitar jam 18.30 WIB, lima orang pulang ke rumah masing-masing," kata AKP Iwan Setyo Budhi, Rabu (16/9).

Menurut Iwan, setelah pulang ke rumah masing-masing, dalam kurun waktu 3 hari, yaitu Senin, Selasa, dan Rabu, empat orang meninggal dunia secara berurutan dengan gejala dada sesak, penglihatan mata kabur, pusing, dan sulit bernapas.

"Empat dari enam orang yang minum telah meninggal dunia, termasuk Eko yang kebetulan sebagai peracik dan pembuat minuman keras oplosan. Sedangkan seluruh barang bukti miras oplosan, botol, dan alat racik telah diamankan anggota Opsnal Polres Kediri untuk proses penyelidikan lebih lanjut," ujarnya.

Ditambahkan oleh Iwan, dua orang yang selamat, saat ini masih dirawat di RSUD Kabupaten Kediri di Pelem Pare, karena indikasi overdosis miras oplosan.

"Untuk itu diimbau kepada warga, di masa pandemi Covid-19 ini agar ikut menjaga kondusifitas di masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Bukan malah dengan pesta miras oplosan," pungkasnya. (uji/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Sabtu, 17 Oktober 2020 14:42 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...