Kamis, 17 Juni 2021 12:55

Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Pelaku Kuliner di Kawasan Wisata, Diskomidag Gelar Pelatihan

Rabu, 16 September 2020 13:23 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Herman Subagyo
Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Pelaku Kuliner di Kawasan Wisata, Diskomidag Gelar Pelatihan
Sambutan Sekda Trenggalek Joko Irianto dalam pembukaan acara Pelatihan Vokasional Seafood. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha mikro bidang kuliner di kawasan wisata pantai, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskomidag) Trenggalek menggelar pelatihan vokasional seafood di aula Hotel Prigi Kabupaten Trenggalek.

Kepala Dinas Komidag Kabupaten Trenggalek Drs. Agus Setiyono dalam sambutannya menyampaikan pelatihan vokasional kuliner seafood ini digelar mulai tanggal 15 September hingga 17 September 2020. Ia mengatakan, kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud).

"Semua itu untuk mengimplementasikan tema pembangunan Kabupaten Trenggalek tahun 2020, yaitu sinergitas pembangunan pariwisata dan e-goverment dalam rangka peningkatan daya saing daerah dalam pelayanan publik," paparnya, Rabu (16/9).

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Trenggalek Joko Irianto dalam sambutannya saat membuka acara mengajak para pelaku usaha kuliner untuk terus meningkatkan kualitas dan tampilan makanan dan minuman demi membangun kepercayaan atau trust bagi wisatawan.

BACA JUGA : 

Teken MoU, Pemkab dan Kejari Trenggalek Jalin Kerja Sama di Bidang Hukum Perdata dan TUN

Sukseskan Program Jatim Bebas Pasung, Pemkab Trenggalek Bebaskan 12 ODGJ dari Pasungan

MoU dengan 7 Perusahaan, FBKK Wilayah Kerja 3 Jamin Siswa Lulusan SMK Bisa Langsung Kerja

Resmikan Caffe Pelayanan Publik Pertama, Bupati Arifin Janjikan Bakal Ada di Tiap Kantor Desa

"Para penyedia makanan dan minuman di destinasi wisata harus memastikan faktor kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan," terangnya.

Disamping itu, katanya, keanekaragaman sajian menu serta kepastian harga makanan dan minuman juga penting agar wisatawan baik dari kalangan menengah ke bawah maupun menengah ke atas tak ragu untuk mampir.

Menurutnya, kepercayaan wisatawan merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh semua stakeholder yang terlibat dalam dunia usaha pariwisata. Termasuk para penyedia jasa makanan dan minuman, harus bisa membangun kepercayaan dari wisatawan.

"Kepercayaan itu meliputi CHSE (Clean, Health, Safety, Environment)," ujarnya.

"Clean atau bersih meliputi bersih bahan masakannya, bersih peralatan masakannya, tempat masaknya, tempat penyajiannya, lingkungannya, dan bersih penyajinya. Health dalam hal ini memiliki arti sehat makanan dan minumannya, serta sehat pula penyajinya. Kemudian Safety artinya aman tempatnya dan aman harganya. Terakhir Environment menjaga lingkungan, keindahan, dan kebersihan kawasan wisata," bebernya. (man/dur)

Soal Anggaran Menhan untuk Alutsista Rp 1.700 Triliun, Ini Komentar Kiai Asep
Kamis, 17 Juni 2021 00:22 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Heboh anggaran untuk membeli Alutsista sebesar Rp 1.700 Triliun membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus mendapat sorotan publik. Padahal, menurut Prabowo, master plan atau grand design itu permintaan ...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Kamis, 17 Juni 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di Indonesia, terutama di Bangkalan dan Kudus, Covid-19 mengganas. Ratusan orang meninggal dunia.Tapi di belahan dunia lain Covid-19 justru lenyap. Inilah yang terjadi di California. Warganya pun berpesta. Pesta merd...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...