Jumat, 18 September 2020 21:03

Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Pelaku Kuliner di Kawasan Wisata, Diskomidag Gelar Pelatihan

Rabu, 16 September 2020 13:23 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Herman Subagyo
Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Pelaku Kuliner di Kawasan Wisata, Diskomidag Gelar Pelatihan
Sambutan Sekda Trenggalek Joko Irianto dalam pembukaan acara Pelatihan Vokasional Seafood. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha mikro bidang kuliner di kawasan wisata pantai, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskomidag) Trenggalek menggelar pelatihan vokasional seafood di aula Hotel Prigi Kabupaten Trenggalek.

Kepala Dinas Komidag Kabupaten Trenggalek Drs. Agus Setiyono dalam sambutannya menyampaikan pelatihan vokasional kuliner seafood ini digelar mulai tanggal 15 September hingga 17 September 2020. Ia mengatakan, kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud).

"Semua itu untuk mengimplementasikan tema pembangunan Kabupaten Trenggalek tahun 2020, yaitu sinergitas pembangunan pariwisata dan e-goverment dalam rangka peningkatan daya saing daerah dalam pelayanan publik," paparnya, Rabu (16/9).

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Trenggalek Joko Irianto dalam sambutannya saat membuka acara mengajak para pelaku usaha kuliner untuk terus meningkatkan kualitas dan tampilan makanan dan minuman demi membangun kepercayaan atau trust bagi wisatawan.

"Para penyedia makanan dan minuman di destinasi wisata harus memastikan faktor kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan," terangnya.

Disamping itu, katanya, keanekaragaman sajian menu serta kepastian harga makanan dan minuman juga penting agar wisatawan baik dari kalangan menengah ke bawah maupun menengah ke atas tak ragu untuk mampir.

Menurutnya, kepercayaan wisatawan merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh semua stakeholder yang terlibat dalam dunia usaha pariwisata. Termasuk para penyedia jasa makanan dan minuman, harus bisa membangun kepercayaan dari wisatawan.

"Kepercayaan itu meliputi CHSE (Clean, Health, Safety, Environment)," ujarnya.

"Clean atau bersih meliputi bersih bahan masakannya, bersih peralatan masakannya, tempat masaknya, tempat penyajiannya, lingkungannya, dan bersih penyajinya. Health dalam hal ini memiliki arti sehat makanan dan minumannya, serta sehat pula penyajinya. Kemudian Safety artinya aman tempatnya dan aman harganya. Terakhir Environment menjaga lingkungan, keindahan, dan kebersihan kawasan wisata," bebernya. (man/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 10 September 2020 10:51 WIB
BLITAR, BANGSAONLINE.com - Detik-detik dua orang wisatawan sebelum tergulung ombak di Pantai Serang Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar tertangkap kamera. Peristiwa ini menimpa Yoga (21) dan Hendri Wisnu Pratama (18). Dua oran...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...