Kamis, 03 Desember 2020 14:20

​Jelang Pemberlakuan Denda, Pemkot Probolinggo Gencar Lakukan Operasi Yustisi Protkes

Selasa, 15 September 2020 19:35 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Andi Sirajuddin
​Jelang Pemberlakuan Denda, Pemkot Probolinggo Gencar Lakukan Operasi Yustisi Protkes
Pelanggar protokol kesehatan saat menjalani sidang di tempat. (foto: ist).

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Pemkot Probolinggo bersama jajaran forpimda menggelar sosialisasi rencana pemberlakuan denda bagi masyarakat yang tak patuh protokol kesehatan (protkes), serta operasi yustisi berupa razia masker di kawasan Pasar Baru, Senin (15/9/2020).

Hasilnya, ada sekitar 37 warga yang kedapatan tak memakai masker. Mereka langsung diberikan sanksi sosial dengan dilakukan sidang di tempat.

Sebelum digelar operasi yustisi, Pemkot Kota Probolinggo juga menggelar apel bersama tim gabungan bersama forpimda.

“Sekarang bukan saatnya untuk bersantai dengan menganggap Covid-19 ini tidak ada. Buktinya, angka kasus Covid-19 baik di Indonesia maupun di Kota Probolinggo terus bertambah setiap harinya,” tegas Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal saat memimpin apel.

Bahkan, berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan P2KB pada 14 September 2020, total kasus Covid-19 di Kota Probolinggo sebanyak 386 orang, meninggal 19 orang sedangkan yang dirawat 62 orang, sementara angka kesembuhan 79,02 persen.

Dalam operasi yustisi kali ini, warga yang kedapatan melanggar diperiksa oleh PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil) Satpol PP, kemudian KTP mereka diminta untuk didata dan keterangannya dicatat dalam Berita Acara Pemeriksaan Cepat. Setelah diperiksa, mereka berpindah ke meja hakim, panitera, dan jaksa.

Sebelum dikenai sanksi, hakim menanyakan beberapa hal dan memberikan sosialisasi rencana pemberlakuan denda bagi yang melanggar.

“Sekarang harus pakai masker. Apa punya keluhan sesak napas? Tidak ada kan? Anda sudah melanggar perda maka harus dijatuhi pidana sanksi menghafal Pancasila,” kata hakim kepada M. Fauzi, Warga Jalan Cempaka yang bekerja sebagai pengantar roti.

M. Fauzi sempat berdalih ia punya masker, tetapi di dalam tas. Saat mengeluarkan masker dari dalam tasnya, masker kain yang dipunyainya itu sudah kumal. Lantas, Fauzi pun menjalani sanksi yang diberikan hakim di hadapan jaksa.

Jenis sanksi sosial lain yang harus diterima warga yang ketahuan melanggar adalah menyapu, memungut sampah, menyanyi Indonesia Raya, menghafal Pancasila, hormat ke bendera merah putih, mendampingi petugas parkir untuk menata kendaraan, dan mengimbau masyarakat untuk memakai masker.

“Selain di sini, petugas juga mobile. Dalam satu hari ada di dua atau tiga lokasi di titik-titik tertentu. Namun mengerahkan nonyustisi kerja sosial menggunakan PPNS dari Satpol PP,” ujar Kepala Satpol PP Kota Probolinggo, Agus Efendi. (ndi/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...