Sabtu, 31 Oktober 2020 11:20

Pulihkan Perekonomian, Pemkab Trenggalek Berikan Bantuan Modal Rp 400 Ribu Bagi Pelaku Usaha Mikro

Kamis, 10 September 2020 17:35 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Herman Subagyo
Pulihkan Perekonomian, Pemkab Trenggalek Berikan Bantuan Modal Rp 400 Ribu Bagi Pelaku Usaha Mikro
Bupati Arifin saat meninjau penyaluran bantuan modal di Kelurahan Kelutan. (foto: HERMAN/ BANGSAONLINE)

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam upaya memulihkan perekonomian akibat Covid-19, Pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan menyalurkan bantuan modal stimulus secara cash money sebesar Rp 400 ribu kepada para pelaku usaha mikro (UM).

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek, Agus Setiyono menyampaikan, penyaluran bantuan tersebut diberikan pada seluruh pelaku UM yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Ia menjelaskan, untuk Kecamatan Trenggalek, penyaluran bantuan tersebut dipusatkan di dua kantor kelurahan dan satu kantor desa dengan jumlah penerima bantuan sejumlah 2.509 orang.

"Jadi total penerima bantuan modal se-Kecamatan Trenggalek ini ada 2.509 orang. Dan penyalurannya, kita bagi di tiga titik, yang pertama di Kelurahan Kelautan, Sumbergedong, dan Balai Desa Parakan," ujar Agus Setiyono melalui sambungan telepon, Kamis (10/9/2020).

Menurutnya, bantuan modal yang diberikan hanya sekali ini bertujuan untuk memulihkan kembali perputaran ekonomi para pelaku UM yang mengalami kelesuan akibat Covid-19.

Sementara itu, Bupati Trenggalek, Moh. Nur Arifin yang turut hadir di acara penyaluran bantuan tersebut berharap, bantuan yang telah diberikan kepada para usaha mikro ini hendaknya bisa dimanfaatkan untuk keperluan produksi.

"Jadi yang biasanya jualan kopi ya bisa digunakan untuk beli kopi, gula, dan yang jualan gorengan bisa digunakan untuk beli bahan baku," ujar Bupati Arifin saat memberikan sambutan di hadapan para pelaku usaha mikro yang hendak mengambil bantuan modal di Kantor Kelurahan Kelutan, Kecamatan Trenggalek.

Disampaikan oleh Bupati Arifin, saat ini Pemkab Trenggalek telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 6 miliar untuk bantuan modal khusus para pelaku usaha mikro.

Ia juga memberikan pesan agar para pelaku usaha mikro jika ingin usahanya lancar di masa pandemi Covid-19 saat ini hendaknya tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Jadi kalau ada pembeli yang hendak ngopi di warung Anda dan tidak menggunakan masker, langsung saja anda tawari untuk beli masker yang sudah Anda siapkan. Jadi Anda akan mendapatkan laba tambahan selain kopi," tukasnya. (man/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...