​Gandeng Pemdes Wates Kediri, Relawan EPPI dan Rante Rau Bersihkan Sumber Rau

​Gandeng Pemdes Wates Kediri, Relawan EPPI dan Rante Rau Bersihkan Sumber Rau Beny Prasetyo (kaos hitam) bersama tim dan Perangkat Desa Wates Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, saat membersihkan Sumber Rau. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tim Relawan dari EPPI (Eks Pramuka Putra Putri Indonesia) dan Kelompok Peduli Lingkungan Rante Rau, bekerja sama dengan Pemerintah Desa Wates, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri kembali melakukan aksi. Bila sebelumnya mereka membersikan sampah yang bekeliaran di sungai, aksi kali ini adalah membersihkan Sumber Rau di Desa Wates, Kecamatan Pagu.

Beny Prasetyo, Koordinator EPPI menjelaskan bahwa Sumber Rau yang terletak di Desa Wates, Kecamatan Pagu ini sudah lama tertimbun tanah atau memang sengaja ditimbun oleh generasi sebelumnya. Padahal, lanjut Benny, sumber di sini tergolong besar. Terbukti, meski tertimbun tanah, namun tanahnya selalu basah. Itu tandanya di bawah tanah timbunan itu ada sumber airnya.

"Melihat kondisi yang demikian itu, komunitas kami yaitu EPPI dan Rante Rau, tergerak untuk merevitalisasi Sumber Rau ini. Alhamdulillah, Pemerintah Desa Wates sangat mendukung langkah kami ini," kata Benny di sela-sela giat di Sumber Rau, Rabu (9/9).

Menurut Benny, untuk saat ini pihaknya baru membersihkan sampah dan tanah yang menutupi sumber utama yang berada di bawah pohon rau. Ke depan, timbunan tanah yang menutup areal sumber juga akan diangkat, sehingga nantinya permukaan sumber jadi luas dan bisa ditaburi benih ikan yang lebih banyak.

"Hari Minggu nanti, kami juga akan menabur benih ikan di Sumber Rau ini," terang Benny.

Ditambahkan oleh Benny, setelah selesai di Sumber Rau ini, timnya akan bergerak ke sumber air di desa lain yang selama ini mati. "Kami tentu sangat membutuhkan dukungan pemerintah. Karena kami sadar kekuatan kami, tanpa dukungan pemerintah tentu gerak kami akan terbatas. Semoga pemimpin Kabupaten Kediri ke depan adalah orang yang peduli lingkungan," pungkasnya. (uji/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO