​Didaulat Jadi Guru, Begini Gaya Wali Kota Risma Saat Mengajar

​Didaulat Jadi Guru, Begini Gaya Wali Kota Risma Saat Mengajar Wali Kota Risma tampak lihai membawakan diri sebagai seorang guru. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini secara khusus didaulat menjadi guru dalam program Guruku. Guruku merupakan program belajar bersama yang ditujukan kepada semua siswa SD dan SMP se-Surabaya sebagai bentuk pengganti sekolah tatap muka di masa pandemi Covid-19.

Saat mengajar, Wali Kota Risma tampak lihai membawakan diri sebagai seorang guru. Ia menjelaskan seputar fungsi berbagai macam indera yang ada pada tubuh manusia. Bahkan, ia terlihat menjelaskan secara rinci bagaimana cara memanfaatkan dengan baik tubuh manusia yang sudah diberikan Tuhan Yang Maha Esa.

"Hai anak-anakku. Saat ini kalian bersama dengan Bu Guru Risma. Ibu akan mengajarkan fungsi-fungsi tubuh. Kalau kita gunakan semua dengan baik, untuk kemajuan masa depan kita, maka tidak usah ragu. Kalian bisa sukses dengan menggunakan indera yang sudah diberikan tuhan kepada kita semuanya," kata Risma.

Ia mencontohkan, seperti saat pelajaran berlangsung, para pelajar wajib mendengarkan dengan baik. Kemudian melihat apa yang sedang dijelaskan dengan saksama dan tidak boleh berbicara selama guru mendengarkan, sehingga apa yang disampaikan oleh guru dapat diterima dengan baik.

"Jadi gitu ya. Jangan bicara sendiri kalau bapak ibu guru menerangkan. Kemudian harus mendengarkan dengan baik apa yang disampaikan. Semua itu untuk keberhasilan dan kesuksesan anak-anakku," ujarnya.

Presiden UCLG Aspac ini juga meminta kepada para pelajar untuk tidak saling mem-bully teman-temannya meski berbeda suku maupun agama. Menurutnya, ketika seseorang mengolok atau menunjuk temannya, sebenarnya empat jari itu sedang menunjuk diri sendiri.

"Ayo ingat ya. Kita diberikan tangan untuk berbuat baik. Bukan untuk menunjuk teman-teman dan mulut yang diberikan Tuhan bukan untuk mengolok-olok ya. Kita tidak bisa hidup sendiri anak-anakku. Setiap manusia itu saling membutuhkan. Jadi ayo semuanya harus dijadikan teman," papar dia.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO