​Jadi Keynote Speech Kafegama, Khofifah Ajak Bangkitkan UMKM Percepat Pemulihan Ekonomi Jatim

​Jadi Keynote Speech Kafegama, Khofifah Ajak Bangkitkan UMKM Percepat Pemulihan Ekonomi Jatim Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. foto: ist/ bangsaonline.com

YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa terus berupaya mendongkrak serta mendorong keterlibatan peran serta semua elemen strategis untuk mendorong kebangkitan dalam mempercepat pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid seperti sekarang ini.

"Saya yakin, sektor ini yang akan bisa memberikan daya dukung terhadap bangkitnya perekonomian di Jatim," ungkapnya saat menyampaikan Keynote Speech pada pelantikan Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajah Mada (Kafegama) Jatim Periode 2020 - 2023 melalui video conference di Yogyakarta, Sabtu (5/9).

mengatakan, pemulihan ekonomi di masa pandemi ini harus mengikutsertakan peran secara lebih dominan yang telah terbukti sebagai backbone perekonomian di Jatim. Terlebih, kontribusi di Jatim dibuktikan dengan 54 persen dari PDRB Jatim.

Menurut dia, Pemprov Jatim juga menyiapkan anggaran sekitar Rp. 454.26 milliar yang digunakan sebagai penguatan kelembagaan, fasilitasi pemasaran, penguatan akses pembiayaan, penguatan produksi restrukturisasi usaha serta penguatan SDM KUKM.

memaparkan, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Populasi Jatim menurut sensus ekonomi tahun 2016 dan survei pertanian antar sensus 2018 meningkat sebesar 9.78 juta.

Ketua Umum PP Muslimat NU itu menegaskan bahwa memiliki banyak program di mana salah satunya Jatim Puspa. Jatim puspa ini nantinya yang akan membackup penanganan Covid-19 lewat pemberdayaan BUMDes dan usaha ekonomi masyarakat berbasis perempuan kepala keluarga.

"Juga terdapat bantuan yang berasal dari pemerintah pusat dan provinsi seperti permodalan BUMDes, bantuan Presiden produktif usaha mikro hingga fasilitasi standarisasi produk dan sebagainya," tandas orang nomor satu di ini.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO