​Minta KPU Update Zona, Gubernur Khofifah Imbau Pendaftaran Cawali-Cabup Tak Libatkan Massa Besar

​Minta KPU Update Zona, Gubernur Khofifah Imbau Pendaftaran Cawali-Cabup Tak Libatkan Massa Besar Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. foto: ist/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pendaftaran bakal calon bupati - wakil bupati atau wali kota - wakil wali kota di Pilkada Serentak 2020 dibuka mulai Jum’at (4/9).

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengimbau kepada seluruh bakal calon kepala daerah agar tidak melakukan pelibatan massa secara besar dan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

“Dalam situasi pandemi seperti sekarang ini memang pelibatan massa perlu dipertimbangkan kembali. Risiko penularan menjadi sangat besar jika massa tumpah ruah saat pendaftaran karena dorongan semangat untuk menyukseskan,” ungkap di Gedung Negara Grahadi, Jum’at (4/9).

Kepada dan Bawaslu Jatim pun, Gubernur berpesan agar terus memantau update zonasi wilayahnya masing-masing. Hal ini bertujuan untuk mengkordinasikan pelaksanaan Pilkada serta menjaga keselamatan warga yang ingin memberikan suaranya.

“Zonasi-zonasi ini menjadi penting. Masing-masing Bawaslu dan D Kab/Kota harus melakukan update mingguan untuk melihat apakah Kabupatennya ini zonanya kuning, hijau atau merah. Setelah itu cek kecamatan dan desanya. Bisa saja zonasi di kabupaten atau kota termasuk oranye atau merah, tetapi kecamatannya hijau atau kuning, begitu pula desa dan kelurahannya,” tuturnya.

Kesiapan sistem dan tata cara Pilkada juga patut menjadi perhatian. Pelaksanaan Pilkada diharapkan tidak akan membuat kerumunan yang bisa membahayakan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO