Minggu, 25 Oktober 2020 07:11

Berdiri di Lahan Hibah Petani Gogol, Tiga Bangunan di Kecamatan Taman Dibongkar

Kamis, 03 September 2020 18:06 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Berdiri di Lahan Hibah Petani Gogol, Tiga Bangunan di Kecamatan Taman Dibongkar
Warga menyaksikan proses pembongkaran.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tiga petak bangunan liar yang berdiri di atas lahan hibah dari petani gogol milik Pemerintah Desa Kramat Jegu, Taman Sidoarjo, dibongkar, Kamis, (3/9) pagi.

Kapolsek Taman Kompol Hery Setyo Susanto mengatakan, tiga rumah tersebut selama ini dihuni oleh satu keluarga yang statusnya kakak-adik. "Mereka berdomisili di Desa Kramat Jegu, namun tidak memiliki hak karena bukan ahli waris petani gogol," Cetusnya.

Dikatakan Hery, eksekusi lahan tersebut berdasarkan surat pernyataan hibah tanah sawah petani gogol Dusun Jegu, Desa Kramat Jegu tertanggal 17 Februari 2019, kepada Pemerintah Desa Kramat Jegu, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo.

Tak hanya itu, ada tiga hal lain yang mengharuskan lahan di sekitar lapangan sepak bola ini terpaksa dibongkar.

Pertama, Peraturan Desa Kramat Jegu Nomor 04 tahun 2019 tentang penggunaan dan fungsi tanah sawah menjadi sarana olahraga dan sarana usaha bagi Pemdes dan Petani gogol/ahli waris petani gogol.

Kedua, Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 48 tahun 2017 tentang tata cara pengelolaan aset desa pasal 5 ayat (1) dan ayat (2) huruf a. Dan ketiga adalah Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Surabaya Nomor: 99/G/2019/PTUN.SBY tanggal 22 Januari 2020 yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap.

"Dibantu sejumlah petugas dari TNI dan Satpol PP Kabupaten Sidoarjo, sebelum dibongkar, barang-barang pribadi milik ketiga penghuni dipindahkan ke lokasi rumah yang berjarak sekitar 30 meter dari lokasi obyek," terangnya.

Ratusan petugas gabungan dari anggota Polri, TNI (Koramil Taman), dan Satpol PP Kabupaten Sidoarjo diterjunkan dalam kegiatan tersebut.

Usai semua barang pribadi milik penghuni dipindahkan, satu unit alat berat berupa backhoe mulai membongkar bangunan liar tersebut. "Selama pelaksanaan eksekusi lahan dan pembongkaran bangunan berjalan aman dan lancar," pungkas Hery. (cat/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 23 Oktober 2020 18:47 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Kampoeng Anggrek, pikiran orang pasti melayang ke area perkebunan yang asri di Lereng Gunung Kelud. Ya, Kampoeng Anggrek, merupakan kawasan wisata bunga, produksi dan penjualan anggrek. Terletak di Leren...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Jumat, 23 Oktober 2020 10:38 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...