​H. Syafiuddin Minta Kemenhub Lakukan Pengawasan Maksimal Terkait Prokes Angkutan Umum Darat

​H. Syafiuddin Minta Kemenhub Lakukan Pengawasan Maksimal Terkait Prokes Angkutan Umum Darat H. Syafiuddin, S.Sos., saat memberikan koreksi terhadap angkutan umum darat yang kurang disiplin dalam penerapan prokes, Senin (31/8/2020). (foto: ist).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Penyebaran Covid-19 dari klaster umum (darat) semakin meningkat, terutama . Hal ini menjadi atensi khusus bagi Anggota , H. Syafiuddin, S.Sos..

Ia meminta Kemenhub memberikan kebijakan terhadap penularan dari klaster darat. Hal ini ia sampaikan saat rapat kerja dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, dan Kemendes, terkait laporan kinerja tahun anggaran 2019 dan Realisasi APBN Tahun Anggaran 2020 di Gedung Komisi V , Senin (31/8/2020) kemarin.

Ia berharap Kemenhub bisa memastikan para penumpang angkutan darat menjalankan protokol kesehatan (prokes), yakni mengunakan masker, physical distancing, serta tersedianya hand sanitizer sebagaimana di pesawat dan kereta api.

"Bahkan, bagi penumpang pesawat dan kereta api diwajibkan melaksanakan rapid test. Saya harap kepada Dirjen Darat agar dapat meningkatkan pencegahan Covid-19," pungkasnya.

Senada, Ketua Komisi V , Lasarus mengatakan bahwa Kemenhub harus mengambil posisi terkait angkutan umum. "Dari salah satu survei, yang paling banyak menularkan Covid-19 adalah dari angkutan umum, dan pun harus ambil posisi juga, negara harus hadir," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi merespons evaluasi yang disampaikan oleh Anggota Komisi V tersebut, dan tentunya hal itu akan menjadi perhatian Kemenhub.

"Nanti akan diambil tindakan tegas, dan akan menegur kepada angkutan yang menyalahi aturan," tegasnya.

"Tapi memang kondisi di lapangan cukup sulit sekali, saat ini kita laksanakan penumpang 45 persen, bahkan di hari-hari tertentu kita berikan gratis seperti di Bogor dan Tangerang," tukasnya. (uzi/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO