Jumat, 18 Oktober 2019 02:09

Petani Bojonegoro Panen Raya, Namun Harga Gabah Terus Turun

Jumat, 23 Januari 2015 19:07 WIB
Editor: Revol
Wartawan: Eky Nurhadi
Petani Bojonegoro Panen Raya, Namun Harga Gabah Terus Turun
PANEN: Lahan milik para petani di bantaran Sungai Bengawan Solo diambil via udara tampak panen raya. Namun harga jual gabah terus turun. Foto: Eky Nurhadi/BangsaOnline

BOJONEGORO (BangsaOnline) – Para petani yang mempunyai lahan sawah di bantaran Sungai Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro saat ini mulai panen padi. Namun, harga jual gabah hasil panen di tingkat petani kini terus menurun. 

Petani di Desa Temu Kecamatan Kanor Bojonegoro dan petani di Desa Ngraho, Kecamatan Gayam, yang mempunyai lahan di bantaran Bengawan Solo mulai panen padi sejak awal Januari lalu. Hasil panen padi kali ini cukup berhasil lantaran lahan persawahan tidak kebanjiran.

Menurut Suyadi, 52, petani di Desa Ngraho, lahan sawah seluas seperempat hektare miliknya bisa menghasilkan gabah sebanyak 37 sak atau sekitar 17 kuintal. Kualitas padi hasil panen padi kali ini cukup bagus karena bulir padinya mentes dan kandungan airnya rendah karena tidak terendam banjir.

"Hasil panen padi kali ini cukup berhasil," ujarnya, Jumat (23/1/2015).

Namun, harga jual gabah terus turun seiring berlangsungnya panen raya padi di daerah bantaran Sungai Bengawan Solo. Suyadi menyebutkan, semula harga gabah hasil panen bisa mencapai Rp4.200 hingga Rp4.300 per kilogram. Tetapi, harga gabah itu terus turun menjadi Rp4.000/kg kemudian turun lagi menjadi Rp3.800/kg dan kini harga gabah di kisaran Rp3.600/kg.

Ia mengaku tidak mengetahui pasti penyebab turunnya harga gabah hasil panen tersebut. Namun, ia memperkirakan penyebab turunnya harga gabah itu dipengaruhi adanya panen raya padi di sejumlah daerah.

Biasanya hasil panen padi dari petani di daerah bantaran Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro ini banyak dibeli oleh pemborong dari daerah Kudus, Pati, dan Blora, Jawa Tengah. Namun, kata Suyadi, para pemborong dari Jawa Tengah kini banyak mengambil hasil panen padi di daerah Jawa Tengah.

Sementara itu menurut Bupati Bojonegoro, Suyoto, para petani di daerah bantaran Bengawan Solo kini dapat tersenyum lega karena berhasil memanen padi dengan kualitas baik. Sebelumnya, kata dia, petani di daerah bantaran Bengawan Solo selalu gagal panen saat musim hujan karena persawahan tergenang banjir.

"Petani saat ini bisa menikmati hasil panen padi yang melimpah," ujarnya.

Ia menyebutkan, areal persawahan di sepanjang bantaran Sungai Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro seluas 14.889 hektare dan tersebar di 101 desa mulai di wilayah Kecamatan Margomulyo hingga Kecamatan Baureno.

Produksi padi di Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2014 lalu mencapai 853.237 ton dari luas areal persawahan seluas 150.962 hektare. Sedangkan, target produksi padi pada tahun 2015 sebanyak 1.020.530 ton dari luas lahan 161.989 hektare dengan produktifitas padi 6,3 ton per hektare.

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 18 Oktober 2019 01:53 WIB
SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Komunitas Mahasiswa Generasi Bari Indonesia (GenBI) Jember melakukan penanaman terumbu karang di laut dangkal objek wisata Pasir Putih Situbondo, Kamis (17/10).Selain itu, komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank ...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...