​Orasi Ilmiah, Gubernur Khofifah Ingatkan Era Narasi, Ukur IPM Masih Pakai Parameter Ijazah

​Orasi Ilmiah, Gubernur Khofifah Ingatkan Era Narasi, Ukur IPM Masih Pakai Parameter Ijazah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menyampaikan orasi ilmiah dalam Rapat Terbuka Wisuda Perdana Sarjana dan Pascasarjana Institut Pesantren KH Abdul Chalim (IKHAC) di Pacet Mojokerto Jawa Timur, Ahad (31/8/2020). foto: nanang fachrurozi/ bangsaonline.com

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa melontarkan pernyataan menarik tentang Sumber Daya Manusia (SDM). Pernyataan itu ia sampaikan saat orasi ilmiah dalam Rapat Senat Terbuka Wisuda Perdana Sarjana dan Pascasarjana Institut Pesantren KH Abdul Chalim (IKHAC) di Pacet Mojokerto Jawa Timur, Ahad (31/8/2020).

Menurut dia, saat ini Badan Pusat Statitistik (BPS) masih memakai parameter ijazah ketika mengukur Indeks Pembangunan Manusia (). Padahal banyak sekali SDM tak memiliki ijazah, tapi punya potensi sangat besar.

Gubernur mencontohkan Dahlan Iskan, mantan menteri BUMN yang juga hadir sebagai pembicara dalam acara wisuda itu. Menurut , Dahlan Iskan mungkin tak punya banyak ijazah. Tapi tokoh pers asal Takeran Magetan yang pernah kuliah di IAIN itu banyak mendapat penghargaan akademis berkat kualitas pemikiran dan penyebaran pemikirannya, di samping dedikasinya.

(Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemprov Jatim Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T. berbincang dengan Dahlan Iskan saat diajak Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim untuk melihat bangunan kampus Pascasarjana IKHAC Pacet Mojokerto, Ahad (30/8/2020). foto: mma/ bangsaonline.com

mengaku sudah berdiksusi tentang ini (parameter ) dengan pimpinan BPS. Bahkan tokoh perempuan energik asal Wonocolo Surabaya itu mengaku sudah menyampaikan masalah ini kepada Presiden RI Joko Wiidodo.

Menurut , Presiden Jokowi sepakat. "Pak Presiden setuju. Kita mengkomunikasikan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengkomunasikan dengan Menteri Agama. Setuju. Namun keputusan yang akan dijadikan referensi atas persetujuan itu belum turun. Maka menyiapkan perguruan tinggi berbasis pesantren itu menjadi penting," tegas Gubernur .

Gubernur menjelaskan, banyak SDM-SDM kualitatif, berdedikasi, memiliki karakter dan moralitas luar biasa. Mereka mondok di pesantren salaf. Mereka tak punya ijasah. Tapi mereka inilah yang secara komulatif juga masuk BPS. "Karena tidak punya ijazah, maka berpengaruh keluar yang dipotret dunia, dipotret indonesia melalui BPS," tegasnya.

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO