​Banyak Wisatawan Tak Bermasker, Pemkot Batu Diminta Bertindak Tegas

​Banyak Wisatawan Tak Bermasker, Pemkot Batu Diminta Bertindak Tegas Salah satu wahana yang berada di Alun-alun Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Inpres No. 6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 sudah dicanangkan di . Namun kenyataannya, wisatawan luar kota yang berkunjung ke masih banyak yang tidak mengenakan dan tidak ada tindakan.

"Ya, wisatawan di alun-alun yang tidak sak bajek (sangat banyak, red), Mas. Sayangnya kemarin tidak saya foto," ujar Andi Faizal Hasan, Kades Junrejo, Kecamatan Junrejo, kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (30/8).

Ia mengaku saat itu kebetulan datang ke alun-alun pada Sabtu (29/8). Tujuannya mengantarkan sejumlah anggota Asosiasi Kepala Desa dari Kabupaten Lumajang, sekaligus ingin membuktikan sendiri bagaimana kepatuhan wisatawan terhadap Inpres tersebut. Ternyata, masih banyak yang tidak ber. Padahal sudah jelas sanksinya, yakni peringatan lisan dan tertulis, denda Rp 100 ribu, dan penyitaan KTP.

"Sampai teman-teman dari Lumajang bilang, hebat sampai membuat orang tertarik datang dan tidak peduli corona-coronaan," terangnya.

Di sisi lain, ia mengklaim sampai hari ini warga Desa Junrejo, wilayah yang dipimpinnya, tetap patuh pada protokol kesehatan sejak dicanangkan Inpres tersebut di .

Disinggung tentang perlunya sosialisasi Inpres No. 6 Tahun 2020 kepada masyarakat, Faizal mengatakan bahwa hal itu biar diurus Dinkes Batu. Pasalnya, anggaran di Dinkes besar.

"Desa sudah tidak punya persiapan dana, lebih-lebih untuk membuat tempat isolasi," pungkasnya. (asa/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO