Sabtu, 31 Oktober 2020 19:49

Awasi Imigran, Petugas Rudenim Sidak Rusunawa Penampungan WNA Puspa Agro

Kamis, 27 Agustus 2020 23:40 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Awasi Imigran, Petugas Rudenim Sidak Rusunawa Penampungan WNA Puspa Agro
Kepala Rudenim Setyo Budi Wardoyo saat sidak di rusunawa WNA Puspa Agro.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Petugas Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya melakukan sidak terhadap imigran yang tinggal di Penampungan Puspa Agro, Jemundo, Kecamatan Taman, Sidoarjo. Sidak dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama saat pandemi covid-19.

Kepala Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya, Setyo Budi Wardoyo mengatakan sidak ini dilakukan sebagai bentuk pengawasan simpatik terhadap para pengungsi imigran, terutama dari hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat, dampak yang luar biasa jika terjadi hal di luar dugaan.

"Ini bagian sinyal kepada mereka, bahwa kita eksis melakukan pengawasan. Terutama pengawasan terhadap orang asing," jelas Setyo Budi usai sidak, Kamis (27/8)

Dari hasil sidak, lanjutnya, petugas tidak menemukan pelanggaran yang dilakukan imigran. Bahkan, saat dilakukan pemeriksaan ke masing-masing kamar, mereka juga kooperatif.

"Jumlah total 336 imigran. Semuanya kondusif. Mereka (pengungsi) masih berada di tempatnya sesuai apa yang kita harapkan. Setidaknya mereka masih mentaati peraturan yang ada di pengungsian ini," jelasnya.

Dalam situasi pandemi Covid-19, petugas juga ketat menerapkan protokol kesehatan. Terutama penggunaan masker dan mencuci tangan.

"Kita imbau kepada mereka apabila berinteraksi selalu memperhatikan protokol kesehatan. Apabila bandel, kita akan lakukan pemanggilan dan pemeriksaan lebih lanjut," tegasnya.

Hingga saat ini, pihaknya belum menemukan atau mendapat laporan satu pun imigran yang terpapar virus Covid-19. Meski demikian, pihaknya berharap meski dalam kondisi pandemi Covid-19, semua fungsi penegakan hukum dan pengawasan harus tetap dijalankan.

"Sebagai orang asing wajib kita pantau. Karena dampaknya sangat luar biasa jika mereka melakukan hal hal di luar yang kita inginkan," pungkasnya. (cat/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Sabtu, 31 Oktober 2020 19:03 WIB
BATU, BANGSAONLINE.com - Libur cuti bersama menyambung akhir pekan (Long Weekend) Oktober 2020 ini dimanfaatkan masyarakat mengunjungi beberapa tempat wisata. Salah satunya di Kota Wisata Batu.Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pun memantau la...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...