Punya Prospektif Tinggi, BHS Bakal Kembangkan Peternakan Ayam Hias

Punya Prospektif Tinggi, BHS Bakal Kembangkan Peternakan Ayam Hias POTENSI: Bambang Haryo Soekartono (BHS) mengunjungi usaha ternak ayam hias di Desa Entalsewu, Buduran, Kamis (27/8). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Potensi sektor peternakan juga menjadi perhatian bagi Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo Bambang Haryo Soekartono (BHS). Salah satunya potensi peternakan ayam hias di Kota Delta.

Politikus Partai Gerindra ini menilai budidaya ayam hias layak dikembangkan karena memiliki prospek ekonomi yang tinggi. Kata BHS, usaha peternakan ayam juga upaya mempertahankan budaya masyarakat Indonesia. Selain sebagai komoditas ekonomi, juga sebagai hiburan bagi pemiliknya.

"Ternak ayam hias ini masuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Selain itu ada unsur budayanya. Usaha ini punya prospek tinggi. Asalkan tahu dan cukup pengetahuan soal peternakan," cetus BHS saat mengunjungi peternakan ayam hias di Desa Entalsewu RT 10/RW 03 Kecamatan Buduran, Kamis (27/8).

Meski memiliki prospek bagus, usaha budidaya ayam hias di Sidoarjo belum digarap maksimal. Buktinya, usaha ayam hias milik Akhwan Fanani yang dikunjungi BHS tersebut, luput perhatian dari Pemkab Sidoarjo. Selain tidak pernah dapat bimbingan dari dinas terkait, usaha ini belum pernah dapat bantuan permodalan.

"Kalau dibimbing dinas, maka akan memacu para peternak dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Sidoarjo bisa terdongkrak," imbuh bacabup yang sudah mengantongi rekomendasi resmi Partai Gerindra ini.

Usaha ternak ayam hias ini juga belum bisa berkembang pesat akibat kendala mahalnya harga pakan ternak. Kendala ini menjadi perhatian BHS. Mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini, bakal mengupayakan agar sejumlah pabrik pakan ternak di Sidoarjo bisa memberikan diskon khusus bagi peternak di Kota Delta.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO