​Petani Tembakau di Pamekasan Sudah Panen, Tetapi Gudang Tembakau Belum Buka

​Petani Tembakau di Pamekasan Sudah Panen, Tetapi Gudang Tembakau Belum Buka Tanaman tembakau. (foto: ist).

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Sebagian petani tembakau di Kabupaten Pamekasan mulai melakukan panen. Bahkan, sudah ada yang merajang daun tembakau untuk segera dijual ke gudang. Namun, saat ini sejumlah gudang tembakau di Bumi Gerbang Salam belum ada yang buka, apalagi untuk membeli tembakau.

Sejumlah gudang tembakau itu, diprediksi baru mulai buka pada awal bulan September 2020 mendatang.

M. Sa'at, salah satu petani tembakau dari Desa Laden Pamekasan membenarkan saat ini sudah ada dan banyak daun tembakau petani yang sudah siap dipanen. Namun, sampai saat ini belum ada gudang tembakau yang buka atau melakukan pembelian.

"Kalau sudah dipanen dan dijadikan tembakau, kami para petani tidak bisa menyimpan tembakau lama-lama kalau tidak punya gudang, bisa rusak Mas," keluh pria yang sudah 20 tahun lebih menggeluti tanaman tembakau tersebut, Rabu (26/8/2020)

Sementara itu, Kepala Bidang Pengawasan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Mulyadi mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak kuasa pembeli (gudang). Hasilnya, pembelian tembakau petani diprediksi akan dilakukan awal September ini.

"Kecuali pihak Wismilak belum saya tanya," ujar Mulyadi saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (26/8/2020).

Menurut Mulyadi, saat ini sudah ada gudang tembakau yang mulai buka dan melakukan pembelian. Meski, baru satu dari sembilan gudang yang ada, yakni Gudang Sukun.

"Hanya satu sudah masuk mau melakukan pembelian, yaitu Gudang Sukun. Barusan ini yang melakukan pembelian. Akan tetapi, Sukun belum full membuka, hanya sebatas selamatan gudang saja," jelasnya.

Menjelang masa panen tembakau ini, pihaknya mengaku juga akan segera melakukan rapat koordinasi dengan forkopimda dengan mengundang seluruh pihak gudang yang ada di Pamekasan.

"Tapi yang jelas, nanti dari hasil rapat forkopimda itu Insya Allah akan diketahui kapan pasti dibukanya," pungkasnya. (yen/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO