​Sediakan 1.471 Jenis Buku, Perpustakaan Digital "Tulib" Permudah Minat Baca Warga Tuban

​Sediakan 1.471 Jenis Buku, Perpustakaan Digital "Tulib" Permudah Minat Baca Warga Tuban Peluncuran aplikasi Tulib di Kantor Setda Tuban, Senin (24/8/2020). (foto: ist).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Di tengah pandemi Covid-19, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tuban melakukan terobosan dan inovasi dengan meluncurkan aplikasi perpustakaan digital yang diberi nama Tuban Digital Library (Tulib).

Aplikasi perpustakaan digital tersebut bisa diakses di PlayStore atau Aplication Store melalui smartphone. Di dalamnya, masyarakat bisa meminjam dan membaca, bahkan bisa mengunduh buku pelajaran K-13, novel, majalah, dan berbagai jenis buku lainnya.

“Aplikasi Tulib ini memberikan kemudahan akses buat masyarakat untuk meminjam dan membaca buku, majalah serta koran digital untuk kebutuhan publik yang dapat diakses melalui perangkat smartphone,” ujar Kepala Disersip Tuban, Joko Priyono saat peluncuran aplikasi di Kantor Setda Tuban, Senin (24/8/2020).

Menurutnya, jumlah buku digital yang telah diunggah ke dalam aplikasi Tulib itu sebanyak 1.471 judul dan 216.982 eksemplar. Di mana, proses pengadaan ebook bekerja sama dengan PT Gramedia Digital Nusantara atau PT Kompas Group.

“Aplikasi ini sangat dinanti oleh masyarakat dan para pelajar. Di mana, mereka bisa memanfaatkan ebook yang sudah tersedia di koleksi Tulib,” jelasnya.

Ia berharap hadirnya aplikasi bisa meningkatkan dunia literasi di Tuban, sehingga gairah masyarakat untuk cinta membaca semakin meningkat dan generasi muda semakin lebih cerdas.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO