​Mengundang Kerumunan, Pertunjukan Seni di Alun-Alun Surabaya Dihentikan Sementara

​Mengundang Kerumunan, Pertunjukan Seni di Alun-Alun Surabaya Dihentikan Sementara Poster pemberitahuan tentang pemberhentian sementara pertunjukan kesenian di Alun-Alun Surabaya. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) bakal mengevaluasi operasional Alun-Alun di kompleks Balai Pemuda . Karenanya, pemkot memutuskan untuk menghentikan sementara seluruh pertunjukan seni di ikon baru Kota Pahlawan itu.

Kepala BPB Linmas , Irvan Widyanto menjelaskan bahwa operasional Alun-Alun akan segera dievaluasi demi kebaikan bersama. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada warga yang sangat antusias ingin melihat alun-alun yang baru diresmikan itu.

"Karena ini akan dievaluasi dulu, maka seluruh pagelaran seni kami berhentikan sementara, mulai hari ini tidak ada pagelaran seni di sana. Kami juga mohon maaf kepada warga yang sudah kadung datang," kata Irvan di kantornya, Jumat (21/8/2020).

Irvan memastikan bahwa Pemkot sebenarnya sudah berupaya untuk menerapkan protokol kesehatan dalam setiap pagelaran seni tersebut. Buktinya, pada hari pertama, Rabu (19/8/2020) lalu, disiagakan sejumlah petugas untuk memastikan penonton bermasker dan tetap jaga jarak atau tidak menimbulkan kerumunan. Namun, karena antusiasme warga sangat tinggi, akhirnya kurang maksimal.

Kemudian, pada hari kedua, Kamis (20/8/2020), pihaknya menambah petugas untuk menjamin protokol kesehatan itu. Bahkan, saat itu diberlakukan pembatasan penonton supaya tidak terjadi kerumunan di area Alun-Alun . Tapi ternyata, warga malah berjubel di pedestrian dan itu tentu tidak diperbolehkan.

"Makanya, kami menilai perlu untuk melakukan beberapa evaluasi karena antusiasme warga begitu tinggi, sehingga kami hentikan sementara supaya kami juga bisa melakukan evaluasi, terutama tentang formulasi baru pertunjukan seni tersebut," ungkapnya.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO