Kemenhub Gelar Konsultasi Publik Bandar Udara Baru Kabupaten Kediri

Kemenhub Gelar Konsultasi Publik Bandar Udara Baru Kabupaten Kediri Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno, saat menyampaikan sambutan dalam acara konsultasi publik Pembangunan Bandar Udara di Kabupaten Kediri. foto: kominfo

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar konsultasi publik Pembangunan Bandar Udara di Kabupaten Kediri skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Tenis Pemkab Kediri, Rabu (19/8/20).

Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno, menyampaikan, konsultasi publik ini adalah kegiatan esensial dalam rangkaian kegiatan yang diperlukan untuk memenuhi ketentuan implementasi KPBU. Di mana pemerintah pusat ingin mengetahui secara langsung respons dari masyarakat terdampak dari pembangunan bandar udara ini.

“Kami berharap pembangunan bandar udara yang diprakarsai PT. Gudang Garam, Tbk. ini dapat meningkatkan derajat perekonomian masyarakat Kabupaten Kediri, terlebih bagi masyarakat terdampak, kabupaten/kota sekitar, Provinsi Jawa Timur dan nasional pada umumnya,” kata Bupati Haryanti.

Dirjen Perhubungan Udara dalam sambutannya yang dibacakan Direktur Bandar Udara Kemenhub, Nafhan Syahroni mengatakan, sudah menjadi tugas pemerintah untuk merajut konektivitas daerah, secara khusus melalui sektor transportasi udara. Oleh karena itu Kemenhub melalui Dirjen Perhubungan Udara terus mempercepat tersedianya infrastruktur tanpa terus bertumpu pada APBN.

“Salah satu opsi adalah skema KPBU sebagai instrumen pembiayaan, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden No 38 tahun 2015 tentang KPBU dalam penyediaan infrastruktur. Skema tersebut memberikan ruang pengalokasian risiko yang proporsional kepada para pihak terlibat, guna menghasilkan bentuk layanan optimal kepada masyarakat,” jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO