​DPRD Gresik Hentikan Aktivitas Bongkar Muat Batu Bara, Sarankan PT GJT Relokasi

​DPRD Gresik Hentikan Aktivitas Bongkar Muat Batu Bara, Sarankan PT GJT Relokasi Suasana rapat di Gedung DPRD Gresik yang mempertemukan warga pendemo dengan pihak terkait. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAOLINE.com memutuskan menutup aktivitas bongkar muat PT Gresik Jasatama (GJT) yang berlokasi di Jalan RE Martadinata Kecamatan Gresik. Penutupan bongkar muat ini diputuskan oleh Ketua , Fandi Akhmad Yani selaku pimpinan rapat.

Dalam rapat tersebut, perwakilan warga Desa Lumpur, Kroman, dan Kemuteran dipertemukan dengan Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, Dandim 0817 Gresik Letkol (Inf) Taufik Ismail, Komisi I, II, III, dan IV, Pelindo III, PT GJT, dan sejumlah asosiasi pengusaha di Pelabuhan Gresik. Pertemuan itu digelar di Ruang Paripurna , Selasa (18/8/2020).

Ketua , Fandi Akhmad Yani memutuskan menutup operasional bongkar muat di GJT lantaran pelabuhan tersebut tak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). "Saya nyatakan bongkar muat baru bara di GJT dihentikan," kata Fandi Akhmad Yani kemudian menutup rapat.

Sebelumnya, Gus Yani -panggilan akrabnya-, mengungkapkan hasil notula rapat pada 25 November 2019 yang memutuskan kalau bongkar muat di GJT dihentikan. Rapat kala itu juga melibatkan DPRD, Kapolres, Dandim, perwakilan warga Lumpur, Kroman, dan Kemuteran, serta dihadiri oleh PT GJT dan asosiasi pengusaha.

Dalam rapat, juga diputuskan bongkar muat komoditas lain seperti kayu log dan barang di luar masih diizinkan.

Selanjutnya, DPRD meminta agar GJT merelokasi bongkar muat atau melakukan bongkar muat di Pelabuhan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE). "Kan sudah kita sepakati, kenapa dilanggar? Kenapa GJT kembali melakukan aktivitas bongkar muat lagi?," cetusnya.

Anggota Komisi I, Sholehudin menyatakan bahwa mengacu pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah (Pemda), DPRD memiliki kedudukan sejajar dengan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO