Peringati HUT RI di Kongo, Satgas TNI Konga Gelar Karya Bakti dan Lomba Agustusan

Peringati HUT RI di Kongo, Satgas TNI Konga Gelar Karya Bakti dan Lomba Agustusan Pembukaan acara karya bakti terpadu.

KONGO, BANGSAONLINE.com - Duta perdamaian PBB dari Indonesia yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Kontingen Garuda (Konga) XXXIX-B Rapid Deployable Battalion (RDB) Mission de lOrganisation des Nations Unies pour La Stabilisation en République Démocratique du Congo (Monusco), Rabu (12/08) lalu, menggelar acara akbar berupa karya bakti terpadu serta perlombaan khas permainan tradisional Indonesia dalam rangka memperingati HUT RI ke-75.

Kegiatan secara serentak tersebut digelar pada tiga tempat yang berbeda, yakni di Markas Indo RDB, Soekarno Camp Kalemie, Desa Binaan Lukombwe dan Static Combat Deploy (SCD) Kirimbi, Propinsi Tanganyika, Republik Demokratik Kongo.

Berbagai kegiatan dan perlombaan yang digelar tersebut, selain personel satgas juga diikuti oleh warga sekitar COB, SCD dan desa binaan Indo RDB. Dengan penuh semangat gotong royong dan antusias yang tinggi warga RD Kongo dan personel satgas melaksanakan karya bhakti serta mengikuti seluruh lomba yang dimainkan.

(Balap karung, salah satu cabang permainan tradisional yang dilombakan)

Kegiatan karya bakti terpadu yang terangkai dalam Civil Military Coordination (Cimic) di desa binaan Lukombwe berupa kegiatan fisik yaitu pembuatan lapangan bola dilengkapi dengan sarana penunjangnya yang diprakarsai oleh Kompi A, perbaikan jembatan rusak yang diprakarsai oleh Kompi B, serta pembuatan jamban yang diprakarsai oleh Kompi C.

Di puncak kegiatan ini diresmikan langsung oleh Deputy HoO Mr. Issaka, Chief DDRR Mr. Joseph Langa & Deputy CAS Mrs Josiane dengan simbolik pemotongan pita serta kegiatan non fisik berupa pelayanan kesehatan gratis, sosialisasi pencegahan Covid-19, pelatihan bercocok tanam, anjangsana ke rumah-rumah penduduk, edukasi lapangan dan pembagian sembako serta penyerahan hasil karya menjahit Wan berupa pakaian dan masker kepada masyarakat setempat. Adapun kegiatan yang dilombakan adalah balap karung, lomba kelereng, memasukan pensil dalam botol dan memindahkan air. (sof/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '3 Prajurit TNI Gugur Akibat Baku Tembak di Papua':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO