​Gubernur Khofifah Kunjungi Janda Perintis Kemerdekaan, Kirimi Bingkisan Keluarga Pahlawan-Veteran

​Gubernur Khofifah Kunjungi Janda Perintis Kemerdekaan, Kirimi Bingkisan Keluarga Pahlawan-Veteran Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi Pudji Astuti, seorang janda perintis kemerdekaan, di Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Ahad (16/8/2020). foto: ist/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa mengirimkan ratusan bingkisan bagi para perintis kemerdekaan, janda perintis kemerdekaan, keluarga pahlawan, dan Jatim.

Bingkisan berupa souvenir dan paket sembako tersebut diantar secara khusus oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) ke berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur. TKSK sendiri merupakan relawan kesejahteraan sosial dalam jaringan Kementerian Sosial.

Pemberangkatan TKSK dilepas langsung oleh didampingi Wakil Gubernur Emil Dardak, Sekda, beserta jajaran Forkopimda di halaman Kantor Gubernur Jatim, Kota Surabaya, Minggu (16/8).

Total penerima bingkisan yakni sebanyak 202 orang dengan rincian 181 orang pejuang perintis kemerdekaan, janda perintis kemerdekaan serta keluarga pahlawan dan , serta 21 orang yang berasal dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Jatim.

“Bingkisan ini sebagai penyambung silaturahmi antar generasi bangsa. Tanpa para pejuang, kita tidak dapat menikmati apa yang disebut merdeka. Tugas kita sekarang adalah melanjutkan perjuangan mereka,” ungkap .

menyebut, HUT RI menjadi momentum tepat untuk mengeratkan kembali rasa persatuan dan kesatuan sebagai sebuah bangsa, sekaligus me-recharge kembali semangat nasionalisme, patriotisme, dan rela berkorban.

“Bagaimana menjaga persatuan dan kesatuan menurut saya ini waktu yang sangat tepat untuk kita konsolidasi perasaan kita, konsolidasi pikiran kita, konsolidasi gerakan kita,” ujarnya.

mengatakan, bingkisan sengaja dikirim karena situasi dan kondisi Indonesia yang masih menghadapi pandemi Covid-19. Terlebih sebagian besar para perintis kemerdekaan, janda perintis kemerdekaan, keluarga pahlawan dan telah berusia lanjut.

“Sampaikan salam hormat dari saya dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya untuk semua perintis kemerdekaan, janda perintis kemerdekaan, dan keluarga pahlawan serta . InsyaAllah, jika nanti situasi sudah memungkinkan kita bisa silaturahmi langsung. Untuk saat ini sangat tidak memungkinkan,” imbuhnya.

menerangkan, tahun-tahun sebelumnya para perintis kemerdekaan, janda perintis kemerdekaan, , dan keluarga pahlawan diundang ke Gedung Negara Grahadi untuk mengikuti rangkaian upacara HUT RI.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO