Tingkatkan Pengetahuan Pengawas Koperasi, Dinas Komindag Trenggalek Gelar Pelatihan SPI

Tingkatkan Pengetahuan Pengawas Koperasi, Dinas Komindag Trenggalek Gelar Pelatihan SPI Pelatihan SPI di Aula Balai Benih Ikan Trenggalek. foto: HERMAN/TRENGGALEK

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi pengawas koperasi, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Komindag) Kabupaten Trenggalek menggelar pelatihan Sistem Pengendalian Intern (SPI) di Aula Balai Benih Ikan Trenggalek.

Kepala Bidang Koperasi Dinas Komindag Trenggalek Saniran dalam keterangannya menyampaikan, pelatihan SPI ini digelar dalam dua gelombang.

"Gelombang pertama kita gelar pada tanggal 4 sampai 6 Agustus, gelombang kedua 11 sampai 13 Agustus," kata Saniran, Kamis (13/8).

Menurutnya, pelatihan SPI ini dalam upaya memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi pengawas koperasi yang baru berdiri, pengawas koperasi yang baru menjabat, dan pengawas koperasi yang belum pernah mengikuti pelatihan SPI.

"Sehingga diharapkan para pengawas koperasi itu benar-benar bisa menjalankan tugas yang diamanatkan oleh anggota," katanya.

Lebih dari itu kata dia, sasaran pengawas meliputi tiga hal, yakni terwujudnya peningkatan kepatuhan koperasi terhadap peraturan perundang-undangan, terwujudnya koperasi yang sehat, kuat dan tangguh, serta terwujudnya pengelolaan koperasi yang akuntabel dan tangguh.

Dia juga mengatakan, kelemahan pengawasan intern akan membuka peluang terjadinya penyimpangan terhadap pengelolaan koperasi.

"Oleh karena itu, pengawas harus mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang cukup sehingga dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional," harapnya. (man/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO