​Terima Bantuan BNPB, Pemkot Surabaya Siap Maksimalkan Pemeriksaan Covid-19 di Labkesda

​Terima Bantuan BNPB, Pemkot Surabaya Siap Maksimalkan Pemeriksaan Covid-19 di Labkesda Wali Kota Risma saat menerima bantuan peralatan medis dari BNPB di rumah dinas Jalan Sedap Malam Surabaya, Rabu (12/8/2020). (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menerima bantuan peralatan medis dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di rumah dinas Jalan Sedap Malam, Surabaya, Rabu (12/8/2020).

Tiba di rumah dinas, bantuan tersebut langsung dicek dan diserahterimakan kepada . Nantinya, bantuan itu akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kapasitas pemeriksaan Covid-19 di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Surabaya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan, bantuan alat kesehatan dari BNPB tiba hari ini di Rumah Dinas Wali Kota Surabaya. Ribuan bantuan ini langsung dikirim ke Labkesda Surabaya.

"Bantuan dari BNPB ini ditujukan untuk memenuhi pemeriksaan yang dilakukan oleh Labkesda," kata Feny, sapaan Febria di Balai Kota Surabaya.

Ia menjelaskan, bantuan dari BNPB itu terdiri dari 1 set mesin ekstraksi otomatis, 1 set mesin PCR (Polymerase Chain Reaction) 96-well, 20 ribu kit isolasi automatic, 20 ribu kit isolasi manual dan 40 ribu kit PCR multiplex. Jika dikalkulasikan, total bantuan itu diperkirakan senilai Rp 20 miliar.

"Kalau diperkirakan mungkin sekitar Rp 20 miliar. Total sekitar Rp 15-20 miliar. Nanti semua bantuan itu diletakkan di Labkesda. Karena Labkesda itu nanti akan beroperasi 24 jam," jelasnya.

Lihat juga video 'Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO