​Mengeritik dengan Humor, Cerita Jenaka Gus Dur Dijegal Pak Harto dan Nikah Internet

​Mengeritik dengan Humor, Cerita Jenaka Gus Dur Dijegal Pak Harto dan Nikah Internet Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. foto: bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Saat Presiden berkuasa, KH Abdurrahman Wahid () sangat kritis dan vokal. Putra pahlawan nasional, KH A. Wahid Hasyim itu bahkan bukan hanya rajin mengeritik, tapi juga dikenal sangat berani terhadap penguasa Orde Baru itu. Akibatnya, ia sering dicekal, tidak boleh ceramah di beberapa tempat.

Namun ketika Pak Harto lengser, ternyata justru kritik-kritik itu yang banyak dikenang. “Saya ketemu Pak Harto bersama Ali Haidar, setelah (Pak Harto) lengser. Yang dikenang Pak Harto justru kritik Gus Dur,” kata Prof Dr KH Imam Ghazali Said, M.A. dalam acara Gergeran Bersama Kiai di BANGSA TV channel youtube.

Kenapa? Karena, kata Kiai Imam Ghazali Said, mengeritik dengan . Padahal sempat jadi musuh bebuyutan .

Kiai Imam Ghazali Said juga mengaku sempat bertanya kepada soal upaya menjegal dalam Muktamar NU di Cipasung. Saat Muktamar itu, kroni-kroni , melakukan upaya penjegalan terhadap agar cucu pendiri NU Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy’ari itu tak terpilih lagi sebagai Ketua Umum PBNU. Bahkan saat Presiden membuka Muktamar NU, kroni sengaja tak memberi tempat kepada agar tak bisa berjabat tangan dengan Presiden . Padahal saat itu masih menjabat Ketua Umum PBNU yang notabene tuan rumah.

akhirnya tetap terpilih sebagai Ketua Umum PBNU, meski para kroni Orde Baru menghadang degan berbagai cara. “Itu saya tanyakan kepada Pak Harto. Apa benar ada upaya (penjegalan). Pak Harto mengaku tak tahu,” kata Kiai Imam Ghazali Said yang dosen UINSA dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wonocolo Surabaya.

Menurut Kiai Imam Gazali Said, tak pernah dendam dan tak pernah mempersoalkan bila menyangkut masalah pribadi. Tapi kalau masalah prinsip, selalu kukuh dan tegas. Karena itu ketika jadi Presiden, lalu ada beberapa kiai yang mau mempertemukan dengan Tomy agar putra itu mendapat pengampunan soal kasus hukumnya, tak mau.

“Saya dengan sangat marah,” kata Kiai Imam Ghazali Said yang pernah kuliah di Unversitas Al-Azhar Mesir dan Universitas Khortum Sudan.

Tapi bagaimana pendapat soal nikah lewat internet? Silakan tonton dialog kocak penuh tawa ini dalam acara Gergeran Bersama Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. di BANGSAONLINE TV channel youtube. (MMA)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Dihadang Petugas, Caketum PBNU Kiai As'ad Ali dan Kiai Asep Jalan Kaki ke Pembukaan Muktamar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO