Rabu, 23 September 2020 16:08

Duta Masker Keliling di Keramaian Ajak Warga Disiplin Protokol Kesehatan

Selasa, 11 Agustus 2020 12:15 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidh
Wartawan: Akina Nur Alana
Duta Masker Keliling di Keramaian Ajak Warga Disiplin Protokol Kesehatan
Salah seorang warga di pinggir jalan menerima pembagian masker.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Duta masker yang berkostum ala tentara Jepang, ala pejuang PETA hingga ala Presiden Soekarno berkeliling di seluruh pusat keramaian seperti pasar, fasilitas umum, pengguna jalan, dan perkampungan di Kabupaten Blitar.

Hal ini dilakukan sebagai upaya sosialisasi Gerakan Jatim Bermasker. Mereka sengaja mengenakan pakaian unik untuk menarik perhatian warga sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke-75.

Duta Masker ini ditunjuk dari perwakilan tiap kelompok masyarakat, baik pedagang, ibu-ibu, tokoh agama, dan relawan.

Kapolres Blitar, AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya mengatakan, Gerakan Jatim Bermasker merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden RI, diteruskan oleh Kapolda Jatim kepada seluruh jajaran Polres.

"Penggunaan masker dilakukan untuk menekan angka penularan Covid-19. Seperti kita tahu Covid-19 bisa menyebar melalui udara, maka dilakukan pencegahan dengan melaksanakan Gerakan Jatim Bermasker," ujar Fanani usai berkeliling bersama Duta Masker di Pasar Tradisional Kecamatan Wlingi, Selasa (11/8/2020).

Dia menjelaskan, sebagian besar pedagang dan warga sudah disiplin menggunakan masker. Hanya beberapa orang yang tidak memakai masker dan langsung diberi masker untuk dikenakan.

"Jadi kami terus melakukan upaya sosialisasi Jatim Bermasker dan rutin mengecek apakah penggunaan masker sudah benar-benar dilaksanakan. Dari hasil pengecekan, sebagian besar masyarakat sudah menyadari pentingnya memakai masker di masa pandemi. Hanya sebagian kecil yang tidak pakai masker dan langsung kami beri masker untuk digunakan," kata Fanani.

Sosialisasi Gerakan Jatim Bermasker ini akan terus dilakukan sampai pandemi Covid-19 mereda. Dengan cara memberikan penjelasan kepada masyarakat dan pembagian masker gratis.

"Kami akam terus melakukan sosialisasi sampai kondisi pandemi Covid-19 ini mereda. Jangan meremehkan Covid-19, karena tidak terlihat tapi berbahaya," imbuhnya. (ina/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...