​Puluhan Warga Desa Rejoagung Unjuk Rasa, Tolak Galian C

​Puluhan Warga Desa Rejoagung Unjuk Rasa, Tolak Galian C Tampak warga yang melakukan aksi demo penolakan dengan menaiki alat berat.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Puluhan warga dari Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang melakukan unjuk rasa di lokasi galian C yang berada di desa setempat, Sabtu (08/08).

Dengan membawa poster bertuliskan kalimat penolakan keberadaan galian C, puluhan warga menuntut pada pemilik lahan agar memindahkan alat berat yang ada di lokasi galian. Sebab, warga menganggap adanya aktivitas tersebut menjadi penyebab sumur mereka menjadi keruh.

Nikmaturohmah, salah satu warga Desa Rejoagung menuturkan, alat berat itu didatangkan malam hari saat semua warga desa tidur. Lantaran, warga jauh-jauh hari sebelumnya, sudah menolak dan mengancam akan memblokade jalan, jika pemilik lahan nekat mendatangkan alat berat.

“Sebelumnya warga sudah tahu kalau mau ada galian C. Tapi yang punya lahan enggak mau dengerin keluhan masyarakat. Dampaknya ke air mas, air di sumur menjadi keruh. Kalau buat mencuci enggak bisa bersih, enggak bisa buat masak juga,” ucapnya pada sejumlah jurnalis, di lokasi galian C.

Sementara itu, Kepala Desa Rejoagung, Ahmad Kasani berharap kepada pengusaha galian C, untuk membatalkan niatnya melakukan aktivitas. Mengingat, warga desa sudah melakukan penolakan, dengan alasan khawatir dengan kerusakan lingkungan dampak aktivitas galian tersebut.

“Karena apa, air warga yang berada di Dusun Ngrembang ini benar-benar tercemar. Sampai 40 - 50 persen, air sumur warnanya berubah menjadi kuning karena banyak resapan dari kolam-kolam (galian, red) terdekat,” terang Kades.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO