​Ganti Sesuai Standar FIFA, Rumput Stadion GBT Mulai Dikupas

​Ganti Sesuai Standar FIFA, Rumput Stadion GBT Mulai Dikupas Para petugas dari DPRKPCKTR Kota Surabaya tampak sibuk melakukan pengupasan rumput Stadion GBT. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Kota Surabaya mulai mengupas rumput Stadion (GBT) untuk diganti sesuai standar FIFA.

Kabid Bangunan Gedung DPRKPCKTR Kota Surabaya, Iman Krestian mengatakan, mulai beberapa hari lalu rumput di Stadion GBT sudah mulai dikupas. Sebab, sekitar 10 hari lagi rumput yang sesuai dengan standar FIFA itu akan segera tiba di GBT.

"10 hari lagi rumput akan didatangkan dari Tangerang untuk ditanam di GBT. Ini rumput lokal yang sudah diakui internasional dan sudah standar FIFA," kata Iman saat memantau pengupasan rumput GBT, Jumat (7/8/2020).

Menurut Iman, pengupasan rumput menggunakan mesin itu dilakukan hingga ke akar-akarnya, sehingga rumput itu tidak rusak dan bisa langsung dipindahkan. Rencananya, bekas rumput di lapangan GBT itu akan diletakkan di pinggir lapangan. "Jadi, nanti tanahnya kita pindahkan dan rumputnya juga kita pindahkan ke pinggir lapangan yang dulunya paving," kata dia.

Sembari melakukan pengupasan, ia mengaku juga langsung mengecek drainase di lapangan. Apabila ditemukan ada yang tidak berfungsi, maka akan langsung diperbaiki. "Namun, sampai saat ini kita belum menemukan ada drainase yang tidak berfungsi, tapi kita cek terus," ujarnya.

Setelah dilakukan pengupasan dan pengecekan drainase, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanam untuk menanam rumput yang baru didatangkan. Penanaman rumput itu sekitar 1,5 bulan sama dengan penanaman rumput di Stadion Gelora 10 November. Kemudian, 2 bulan berikutnya untuk perawatan dan adaptasi rumput untuk bisa tumbuh.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO