​Anggota Komisi IX DPR RI Arzeti Bilbina Sosialisasi Program Bangga Kencana di Surabaya

​Anggota Komisi IX DPR RI Arzeti Bilbina Sosialisasi Program Bangga Kencana di Surabaya Anggota Komisi IX DPR RI, Arzeti Bilbina didampingi Kepala Bidang Adpin Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Dra. Sofia Hanik, M.M., saat sosialisasi Program Bangga Kencana di Kelurahan Putat Jaya, Surabaya. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anggota Komisi IX , menyosialisasikan Program Bangga Kencana di Kelurahan Putat Jaya Surabaya, Jumat (7/8/2020). Sosialisai ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait pentingnya program KB di masa pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas kolaborasi yang baik antara Komisi IX dengan BKKBN sehingga pelaksanaan kegiatan Sosialisasi, Advokasi, dan KIE Program Bangga Kencana dapat terlaksana dengan optimal.

Ia berharap supaya masyarakat dapat merencanakan semua tahapan kehidupannya dengan matang, juga saling memberikan informasi kepada seluruh anggota keluarga tentang jumlah anak yang ideal serta bagaimana perencanaan keluarga yang baik. "Karena Berencana Itu Keren," pungkasnya.

Kepala Bidang Adpin Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Dra. Sofia Hanik, M.M., yang turut mendampingi Arzetti pada kegiatan tersebut menyampaikan, penting untuk selalu menyukseskan program Bangga Kencana. Khususnya program KB dan menunda kehamilan di masa pandemi, karena kondisi ibu di saat hamil rentan, sehingga berisiko lebih terkena infeksi virus corona.

Dalam kesempatan tersebut, Sofia juga sekaligus meminta dukungan kepada Arzetti Bilbina selaku Anggota Komisi IX untuk selalu mengawal program Bangga Kencana di .

Sementara Ketua RW I Putat Jaya, Ernest menyebut, program KB di wilayahnya berjalan dengan baik. Di mana jumlah rata-rata anak yang dimiliki masing-masing keluarga berkisar antara 2 dan 3 saja.

Pasca diumumkannya kasus positif Covid-19 pertama di Indonesia pada 2 Maret 2020 lalu, penyebaran Covid-19 terjadi secara cepat dan masif ke 34 provinsi di Indonesia termasuk Jawa Timur. Dampaknya tidak hanya menyangkut aspek kesehatan, namun juga pada aspek sosial, ekonomi dan pelayanan di berbagai bidang, di samping menimbulkan kecemasan masyarakat.

Melalui kegiatan tersebut, Perwakilan BKKBN Jawa Timur ingin mendampingi dan membantu keluarga menghadapi pandemi dengan memberikan informasi yang valid terkait Covid-19. Melalui peran 2.000 Penyuluh KB Jawa Timur, petugas lapangan, kader, juga Mobil Unit Penerangan (Mupen) untuk terus siaga menghadapi wabah Covid-19.

Di samping itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku PUS (Pasangan Usia Subur) dan keluarga terhadap Program Bangga Kencana melalui edukasi dengan bekerja sama dengan mitra kerja baik di provinsi serta kabupaten/kota. Sekaligus menjamin masyarakat mendapatkan pelayanan KB pada masa tanggap darurat Covid-19 untuk mencegah terjadinya drop out/putus pakai kontrasepsi. (ian/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO