​Jumlah Kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar Terus Bertambah

​Jumlah Kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar Terus Bertambah Ilustrasi. (by freepik).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten terus bertambah. Hingga Jumat 7 Agustus 2020, tercatat total kasus sebanyak 264. Perinciannya 123 sembuh, 129 diobservasi, dan 12 meninggal dunia. Bertambahnya kasus konfirmasi positif ini terjadi karena gencarnya tes swab yang dilakukan Satgas Covid-19 daerah setempat.

"Jadi kami mencatat ada tambahan dalam dua hari terakhir ini. Pada Rabu (5/8/2020) lalu, ada tambahan sebanyak 51 kasus konfirmasi positif. Sementara pada Kamis (6/8/2020) kemarin, ada tambahan 6 kasus konfirmasi positif," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten , Krisna Yekti, Jumat (7/8/2020).

Krisna menambahkan, penambahan kasus positif itu tersebar di sebagian besar kecamatan di Kabupaten , sehingga saat ini tercatat ada 19 kecamatan di Kabupaten yang masuk zona merah. Sementara tiga sisanya masuk sebagai zona hijau. "Ada 19 yang zona merah. Sementara yang tiga masuk zona hijau di antaranya Kecamatan Bakung, Wonotirto, dan Panggungrejo," imbuhnya.

Beberapa di antara tambahan kasus konfirmasi positif tersebut juga merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Pemerintah Kabupaten dan Dinas Kesehatan.

Dengan temuan itu, Gugus Tugas kemudian menindaklanjuti dengan melakukan tes swab kepada seluruh pegawai di Dinas Kesehatan serta Bagian Prokopim Sekretariat Daerah. "Hasil masih menunggu karena antrean masih banyak. Sementara mereka yang baru saja menjalani tes swab ini menerapkan kerja dari rumah (Work From Home/WFH). Sementara di dua tempat ini kami juga melakukan cleaning dengan menyemprotkan disinfektan," paparnya.

Dia menjelaskan, empat pegawai Prokopim itu terdiri dari dua laki-laki dan dua wanita. Kronologi terpaparnya empat pegawai bagian Prokopim itu bermula saat ada seorang Pegawai BNN Kabupaten berkunjung ke ruangan bagian Prokopim. Beberapa hari usai berkunjung, pegawai BNN itu dinyatakan positif Covid-19.

Setelah itu seluruh pegawai bagian Prokopim langsung menjalani tes swab dengan hasil empat orang dinyatakan positif. Usai empat orang dinyatakan positif, Rabu 5 Agustus 2020 siang, seluruh pegawai yang pernah kontak erat dengan empat pegawai positif di tes swab ulang. "Iya memang riwayatnya kontak erat dengan pegawai BNN yang dinyatakan positif. Sementara satu kasus konfirmasi positif dari Dinas Kesehatan memiliki riwayat baru kembali dari Pasuruan," pungkasnya. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO