Senin, 21 September 2020 11:01

Warga Surabaya Gamang Jelang Pilwali, Pengamat Unesa: Ada Pengaruh Figur Risma

Kamis, 06 Agustus 2020 14:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nanang Fachrurrozi
Warga Surabaya Gamang Jelang Pilwali, Pengamat Unesa: Ada Pengaruh Figur Risma
Dr. Agus Mahfudz Fauzi, M.Si.

KOTA SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Surabaya 2020 tinggal 5 bulan lagi, yakni pada 9 Desember mendatang. Namun, masyarakat Surabaya masih terkesan apatis terhadap penyelenggaran pilwali. 

Demikian menurut Pengamat Sosiologi Politik asal Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Dr. Agus Mahfudz Fauzi, M.Si. Ia mengatakan, masyarakat Surabaya masih gamang jelang Pilwali Surabaya kali ini.

Menurut Agus, salah satu faktornya adalah lantaran hingga kini belum ada kepastian dari partai politik (parpol) dalam merekomendasi calon yang maju sebagai kontestan di Pilwali. 

"Dari beberapa lembaga survei mencermati Pilwali Surabaya ini masih dinamis dalam beberapa bulan ini. Dari pencermatan, persentasenya tidak sampai 20 persen, ya 15 persenlah," ujar Agus, pria yang pernah menjabat sebagai Komisioner KPU Jatim kepada bangsaonline.com, Kamis (6/8/2020).

Faktor hambar dan apatisnya masyarakat Surabaya ini, menurut Agus, bisa dipengaruhi akan figur Risma yang sudah tak bisa lagi maju sebagai calon.

"Kan para calon ini para pendatang baru, dan masyarakat belum tahu siapa-siapa mereka dan kapasitas mereka. Masyarakat belum fokus saja siapa calon-calon yang ditawarkan," terang pria yang juga menjabat sebagai Ketua Pusat Studi Perubahan Sosial dan Media Baru Unesa tersebut.

Dari perspektif Agus, figur Risma sangat ikonik bagi warga surabaya. Meski di masa periode kedua pemerintahannya ini, Risma dihadapkan pada persoalan Covid-19. Bahkan, sempat berkonflik secara tidak langsung dengan Gubernur Jatim.

"Tapi selama kepemimpinan Risma masih terkenang bagi warga Surabaya, sehingga warga Surabaya masih mengharapkan seperti figur Risma dalam menjalankan roda pemerintahan di Surabaya," pungkasnya. (nf/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...