Sabtu, 19 September 2020 23:26

KPU Sidoarjo Sosialisasikan Sejumlah Aturan Baru Berikut Jadwal Tahapan Pilbup

Selasa, 04 Agustus 2020 23:09 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
KPU Sidoarjo Sosialisasikan Sejumlah Aturan Baru Berikut Jadwal Tahapan Pilbup
PAPARAN: Ketua KPU Sidoarjo M Iskak paparan di acara Sosialisasi pencalonan Pilbup 2020, Selasa (4/8). foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ada sejumlah aturan baru terkait pencalonan dalam Pilkada serentak tahun 2020. Salah satunya tentang calon petahana (incumbent) diwajibkan cuti selama 71 hari saat masa kampanye. 

Sejumlah aturan pencalonan Pilkada 2020 tersebut disosialisasikan oleh KPU Sidoarjo, di Hotel Aston Kahuripan, Sidoarjo, Selasa (4/8).

Ketua KPU Sidoarjo, Mukhamad Iskak mengatakan, ada beberapa aturan yang berbeda dalam pelaksanaan Pilkada 2020. Di antaranya tentang kewajiban calon petahana untuk cuti selama 71 hari, saat masa kampanye.

"Saat mendaftar, calon petahana ini sudah harus mengisi kesediaan cuti selama masa kampanye di luar tanggungan negara. Jadi calon petahana diharuskan cuti saat masa kampanye, yakni 71 hari," cetus Iskak usai acara sosialisasi Pencalonan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo 2020.

Aturan soal petahana cuti itu berbeda dengan pilkada sebelumnya. Kata Iskak, saat Pilkada sebelumnya, calon petahana hanya cuti ketika dia melakukan kampanye.

"Jadi, misalnya ketika calon petahana mau kampanye hari Senin, sebelumnya dia mengajukan cuti untuk hari Senin. Hari Selasa dia aktif lagi. Kalau sekarang, wajib cuti selama masa kampanye, 71 hari," bebernya.

Aturan lainnya yang berbeda dengan pilkada sebelumnya, yakni terkait kewenangan pengurus parpol tingkat pusat yang bisa mendaftarkan paslon ke KPU. Secara normatif, paslon yang mendapatkan persetujuan pengurus parpol pusat, didaftarkan ke KPU oleh pengurus parpol di kabupaten.

"Kalau ternyata tidak didaftarkan oleh tingkat kabupaten, pendaftaran paslon bisa diambil alih oleh pusat," terang Iskak.

Aturan baru lainnya terkait pencalonan, yakni dibatasinya jumlah pendukung saat mengantar paslon mendaftar ke KPU. Hal ini karena pilkada digelar saat pandemi Covid-19 masih berlangsung. Meski begitu, kata Iskak, aturan ini tidak menyebut jumlah minimal atau maksimalnya. 

"Ini menyesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing daerah," beber Iskak.

Dalam sosialisasi yang diikuti kalangan parpol, forkopimda, dan sejumlah elemen masyarakat lainnya, KPU Sidoarjo juga menyampaikan jadwal tahapan Pilbup Sidoarjo 2020. 

Yakni, masa pendaftaran calon pada 4-6 September 2020. Selanjutnya penetapan paslon pada 23 September 2020, dan pengambilan nomor urut paslon pada 24 September 2020. Untuk masa kampanye pada 26 September-5 Desember 2020. (sta/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 06 September 2020 19:43 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Bahak di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo mulai diminati para wisatawan. Bahkan di hari libur, pengunjung pantai Bahak mencapai ratusan orang.Menariknya, di tengah pandemi Covid-19, pantai Ba...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...