Sabtu, 19 September 2020 23:19

Kesehatan Jadi Dasar Cetak SDM Produktif, BHS: Puskesmas di Sidoarjo Harus Ditambah

Selasa, 04 Agustus 2020 22:43 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Kesehatan Jadi Dasar Cetak SDM Produktif, BHS: Puskesmas di Sidoarjo Harus Ditambah
Bambang Haryo Soekartono (BHS) menyerahkan bantuan APD kepada Puskesmas Krembung, Selasa (4/8). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Layanan kesehatan menjadi perhatian Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo 2020, Bambang Haryo Soekartono (BHS). Menurutnya, kesehatan menjadi dasar mencetak sumber daya manusia (SDM) produktif. Dan puskesmas punya peran menjadikan masyarakat lebih sehat.

Dengan jumlah 353 desa dan kelurahan yang tersebar di 18 kecamatan, Sidoarjo baru memiliki 26 puskesmas. Dengan jumlah itu, tenaga medis juga terbatas. BHS menegaskan puskesmas menjadi perhatiannya saat nanti diamanahi sebagai Bupati Sidoarjo.

"Kalau SDM sehat, pasti masyarakat akan sehat dan produktif. Jika perlu, ditambah puskesmas layaknya Puskesmas Krembung, yang pelayanannya standarisasi rumah sakit," cetusnya saat menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa 10 unit baju hazmat dan face shield di Puskesmas Krembung, Selasa (4/8).

BHS menilai Puskesmas Krembung sebagai puskesmas andalan, sebab bisa melayani sekitar 80 ribu lebih warga Kecamatan Krembung. Dengan melayani 80 ribu warga, Puskesmas Krembung melayani tiga kali lipat standarisasi puskesmas. "Dengan jumlah penduduk sebanyak itu, semestinya minimal ada tiga puskesmas," ungkapnya.

Menurut BHS, puskesmas itu sebagai tempat pelayanan kesehatan yang mendorong masyarakat semakin lebih sehat atau minimal tetap sehat. Dia mencontohkan saat ada masyarakat yang mengalami obesitas, maka perlu diberi saran untuk memperbanyak olahraga dan mengonsumsi buah-buahan maupun sayuran.

Karena itu, BHS memandang perlu ditambahnya jumlah puskesmas di Sidoarjo. Dia lalu membandingkan Banyuwangi yang memiliki 189 desa, ada 49 puskesmas. Sementara di Sidoarjo, dengan 353 desa dan kelurahan hanya memiliki 26 puskesmas. Begitu juga tenaga medis dan dokter di puskesmas, BHS menyatakan harus ditambah.

"Kalau perlu membangun universitas yang ada fakultas kedokterannya, termasuk sekolah perawat. Sehingga mampu menambah kekurangan tenaga medis di Sidoarjo. Kampus yang siap mencetak tenaga medis, yang siap melayani kesehatan 2,3 juta penduduk Sidoarjo ditambah 500.000 penduduk tinggal di Sidoarjo ber-KTP luar Sidoarjo," harap BHS.

Kepala Puskesmas Krembung dr Tridiana berterima kasih atas bantuan APD dari BHS. Dia menyatakan APD memang sangat dibutuhkan saat pandemi Covid-19 ini. Bantuan ini juga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. "Semoga bantuan ini bermanfaat dan pandemi segera berakhir," cetus dr Tridiana.

Sementara itu, pada hari yang sama, mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini bertemu sejumlah petani di Dusun Balong Jarak, Desa Balong Garut Kecamatan Krembung. Saat berdialog dengan petani, BHS menerima sejumlah keluhan. Diantaranya soal pupuk bersubsidi yang harganya lebih mahal hingga gangguan hama tikus.

Menanggapi keluhan itu, BHS menyatakan dirinya bakal meminta Petrokimia Gresik agar harga pupuk subsidi tetap sesuai aturan. Soal hama tikus, BHS menegaskan, bakal meneruskannya ke Dinas Pertanian agar ditindaklanjuti. "Saat diamanahi sebagai bupati, saya akan siapkan tenaga PPL untuk mendampingi dan membimbing petani ini," tegas alumnus ITS Surabaya ini. (sta/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 06 September 2020 19:43 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Bahak di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo mulai diminati para wisatawan. Bahkan di hari libur, pengunjung pantai Bahak mencapai ratusan orang.Menariknya, di tengah pandemi Covid-19, pantai Ba...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...