Rabu, 05 Agustus 2020 20:43

Idul Adha, BHS Bagikan 24 Hewan Kurban ke Enam Kecamatan di Sidoarjo

Sabtu, 01 Agustus 2020 19:43 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Idul Adha, BHS Bagikan 24 Hewan Kurban ke Enam Kecamatan di Sidoarjo
Bambang Haryo Soekartono (BHS) melihat pengemasan daging kurban, di Media Center BHS, Sabtu (1/8). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo Bambang Haryo Soekartono (BHS) melaksanakan kurban sebanyak 24 hewan kurban, terinci 9 ekor sapi dan 15 ekor kambing, di Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Dari jumlah tersebut, 6 ekor sapi dan 12 ekor kambing dibagikan ke sejumlah masjid dan yayasan yatim piatu di Kecamatan Sidoarjo, Kecamatan Candi, Kecamatan Taman, Kecamatan Tanggulangin, Kecamatan Gedangan, dan Kecamatan Waru.

Sedangkan sisanya, 3 ekor sapi ditambah 3 ekor kambing, dipotong di Media Center BHS, Jl Diponegoro, pada Sabtu (1/8) untuk dibagikan ke warga dhuafa melalui tim relawan BHS.

BHS berharap selain untuk berbagi ke masyarakat tidak mampu, pelaksanaan ibadah kurban menjadi sarana diri semakin tawadhu' (rendah hati) dan ikhlas. "Dan tentunya mendapatkan ridho dan ampunan dari Allah SWT," cetus BHS di sela pengemasan daging kurban, di Media Center BHS, Sabtu (1/8).

Politikus Partai Gerindra ini juga berharap di pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tahun ini yang berlangsung saat pandemi, bisa meningkatkan rasa berbagi kepada warga yang terdampak secara ekonomi akibat Covid-19.

"Daging kurban yang dibagikan bisa membantu warga yang terdampak Covid-19. Pemotongan hewan kurban juga memperhatikan protokol kesehatan. Panitia kurban tetap pakai masker," tegas mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini.

Untuk membantu geliat perekonomian Sidoarjo, BHS juga sengaja membeli hewan-hewan kurban itu langsung dari para peternak di Sidoarjo. Beberapa ekor sapi di antaranya dibeli dari Kecamatan Wonoayu dan Tanggulangin.

Ke depan, BHS berharap Kabupaten Sidoarjo bisa swasembada sapi dan kambing. Warga Sidoarjo bisa didorong untuk beternak sapi dan kambing karena Sidoarjo memiliki lahan yang luas.

Di Sidoarjo, ada sekitar 11 ribu hektare lahan produktif yang bisa ditanami padi sekaligus sebagai lahan beternak sapi dan kambing. Selain itu, Sidoarjo juga memiliki 6.000 hingga 8.000 hektar lahan tambak.

Di mana ketersediaan lahan itu bisa dimanfaatkan warga untuk beternak sapi dan kambing. "Banyak lahan di sekitar tambak masih bisa untuk beternak (sapi dan kambing)," pungkas alumnus ITS Surabaya ini. (sta/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...