​Gus Mus: Gus Dur Terbuka, Gus Im 'Misterius'

​Gus Mus: Gus Dur Terbuka, Gus Im KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus). foto: facebook

KH Hasyim Wahid (Gus Im) wafat hari ini, Sabtu (1/8/2020). Adik bungsu Presiden keempat dan Gus Sholah itu dikenal genius sekaligus misterius. KH Ahmad Mustofa Bisri () memberi catatan tentang kemisteriusan putra Menteri Agama RI pertama, KH A Wahid Hasyim dan cucu pendiri NU dan Pesantren Tebuireng, Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu di akun faceboook miliknya. Di bawah ini kami kutip secara utuh.    

Sama-sama putera Pahlawan Nasional, sang kakak putera sulung dan sang adik putera bungsu. Keduanya sama-sama memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Sang kakak populer dan terbuka, sang adik tak suka menonjol dan 'misterius'. Aku pertama kenal dengan sang adik justru dikenalkan oleh sang kakak. Waktu itu setiap ketemu, kulihat sang adik selalu tampil perlente, dengan rambut kribo, berdasi, dan menenteng aktentas yang tampak mewah. Ketika aku bertanya tentang kegiatannya, sang kakak menjelaskan, seperti sambil lalu, bahwa adik bungsunya itu pengusaha dan berkantor di salah satu hotel berbintang.

(KH Hasyim Wahid (Gus Im). Foto: facebook

Syahdan; kemudian sang adik tiba-tiba menghilang seperti di telan bumi. Setelah beberapa tahun, muncul kembali dengan penampilan yang sangat berbeda. Ketika aku diajak sang kakak berkunjung ke rumah adik bungsunya itu, aku betul-betul tercengang. Sang adik hanya memakai kaus oblong dan sarungan sekenanya. Sikapnya kepadaku pun berbeda. Kalau dulu, seperti umumnya pengusaha, terkesan acuh tak acuh kepada orang biasa, sekarang begitu ramah dan semanak sebagaimana kakaknya. Bicaranya kelihatan seperti seorang Sufi yang arif.

Lihat juga video 'Semua Agama Sama? Ini Kata Gus Dur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO