Selasa, 20 April 2021 04:30

Maknai Idul Adha, Wali Kota Risma Ajak Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Jumat, 31 Juli 2020 18:09 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Maknai Idul Adha, Wali Kota Risma Ajak Warga Patuhi Protokol Kesehatan
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memberikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memberikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah kepada seluruh umat Islam. Meski di tengah pandemi saat ini, ia berharap warga dapat memanfaatkan momen ini dengan belajar dan mengerti makna berkurban.

Wali Kota Risma mencontohkan sepenggal kisah keikhlasan dan ketulusan Nabi Ibrahim AS dalam melakukan kurban. Kala itu, Nabi Ibrahim rela mengikhlaskan putranya untuk disembelih. Namun saat akan disembelih, tiba-tiba putra yang bernama Ismail itu digantikan oleh Allah SWT dengan seekor domba.

“Kita diberikan contoh yang sangat luar biasa. Saat itu Nabi (Ibrahim) ikhlas dan tulus untuk melakukan kurban. Sekalipun pada sesuatu yang amat disayangi. Semua itu dilakukannya demi mencari Ridho Allah SWT,” kata Risma usai menjalankan Ibadah Salat Idul Adha di Rumah Dinas, Jalan Sedap Malam, Jum'at (31/07).

Risma mengajak kepada seluruh warga untuk memanfaatkan momen ini dengan belajar dan mengerti makna berkurban. Terutama di tengah pandemi Covid-19, saat di mana warga yang berkurban merasakan bagaimana harus rela, ikhlas serta tulus untuk berdonasi atau berkurban. “Apalagi warga atau saudara kita yang terdampak pandemi,” ujarnya.

BACA JUGA : 

Wali Kota Eri Siap Distribusikan Bantuan dari Mensos RI ke Nakes hingga Masyarakat

​Siapkan Penyambutan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baru, Pemkot Surabaya Undang Bu Risma

Kunjungi Korban Banjir di Jombang, Risma Berikan Bantuan

​Menteri Sosial Serahkan Bantuan Sosial di Mojokerto

Ia menjelaskan, saat ini Allah SWT menugaskan kepada umatnya untuk dapat berbagi dengan berbagai cara. Baik sumbangsih berbentuk materi, tenaga, maupun apa yang dimiliki demi membantu saudara-saudara yang membutuhkan bantuan pertolongan.

“Yang paling penting adalah memberi dengan tulus ikhlas. Supaya mereka dapat merasakan apa yang kita rasakan terutama yang benar-benar membutuhkan,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Presiden UCLG Aspac ini juga meminta masyarakat untuk memulai dengan ikhlas dan tulus dalam mengenakan masker. Bagi dia, dengan bermasker tidak hanya melindungi diri sendiri, tetapi melindungi keluarga serta orang-orang yang tercinta.

“Karena itu mari kita mulai pengorbanan ini dengan mematuhi protokol-protokol kesehatan terutama memakai masker,” pesan dia.

Untuk itu, Risma tak henti-hentinya berpesan agar warga tetap saling solid, bahu membahu, serta memerhatikan orang-orang yang ada di sekitarnya. Sebab, menurut dia, Tuhan telah menciptakan semesta seisinya dengan segala warna dan bentuk yang beragam.

“Memang terkadang sulit bagi kita untuk mengikhlaskan atau berkurban terhadap apa yang kita yakini dan sayangi. Tapi percayalah semua ini akan kembali,” urainya.

Ia berharap, ke depan warga Surabaya semakin meningkatkan rasa gotong royong dan kekeluargaan. Menurutnya, saat bergotong royong dan berbagi, di situ Allah SWT sudah menyiapkan ganti yang lebih indah dan cara yang terduga-duga.

“Mari kita tingkatkan rasa gotong royong untuk saudara kita yang membutuhkan. Kalau kita menolong tulus dan ikhlas akan kembali pada kita dengan cara yang berbeda. Percaya itu,” pungkasnya. (ian/rev)

Polisi dan Tukang Becak, Madura Kok Dilawan
Senin, 19 April 2021 21:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episoode ke-8 ini mereview tukang becak asal Madura yang dihadang polisi karena dianggap melanggar rambu-rambu lalu lintas. Di jalan raya itu memang tertancap rambu lalu lintas berupa ga...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 19 April 2021 05:29 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dua guru besar ini punya integritas dan reputasi tinggi di bidangnya masing-masing. Nah, Dahlan Iskan kali ini tak banyak menulis. Tapi menurunkan pandangan dua profesor yang dua-duanya kontra dan kritis terhadap Vaksin...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...