​Masjid Nasional Al Akbar Surabaya Gelar Salat Idul Adha dengan Protokol Kesehatan

​Masjid Nasional Al Akbar Surabaya Gelar Salat Idul Adha dengan Protokol Kesehatan Cek suhu tubuh calon jamaah salat Idul Adha di masjid Al Akbar diperiksa oleh petugas. Ini merupakan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. foto: istimewa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya menggelar salat Idul Adha 1441 H di tengah masa pandemi Covid-19. Salat Idul Adha 1441 H digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Untuk itu Masjid Al Akbar mengantisipasi lonjakan jemaah dengan menerapkan pendaftaran secara online dan semua jemaah wajib menggunakan ID Card yang telah disediakan.

“Kapasitas Masjid Al Akbar mencapai 40 ribu jamaah. Karena dalam penerapan protokol kesehatan yaitu physical distancing, maka kami membatasi jamaah salat Idul Adha menjadi lima ribu jamaah, dan kami sudah menyiapkan stiker untuk shaf salat sebagai tanda,” kata H Helmy M Noor, Humas , Jumat (31/7) setelah pelaksanaan Salat Idul Adha.

Kapasitas lima ribu jemaah itu termasuk serambi masjid bagian utara, timur dekat air mancur dan selatan hingga lantai dua. Ada empat warna ID Card yang dipakai semua jamaah, seperti warna hijau untuk jamaah laki-laki di lantai satu, warna kuning untuk jamaah perempuan di lantai satu, sedangkan di lantai dua dengan warna merah untuk jamaah laki-laki sedangkan jamaah perempuan warna biru di lantai dua.

“Kami menyiapkan kurang lebih 200 relawan yang terdiri dari Remaja Masjid, Ibu-Ibu Muslimah, pengatur shaf, para guru MI dan PAUD, para dosen dan mahasiswa STAI Al Akbar. Semua relawan ini untuk mengatur, menyambut dan mengarahkan kedatangan para jamaah sesuai dengan warna ID Cardnya,” terang Helmy.

Selain itu, Helmy mengatakan meski masa pandemi Covid-19 perolehan hewan kurban masih relatif banyak. Total perolehan hewan kurban 92 terdiri dari 26 sapi dan 66 kambing. “Angka ini tidak jauh beda dari tahun sebelumnya,” ungkap Helmy.

Salat Idul Adha diikuti Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Emil Elistianto Dardak dan 5.000 jamaah yang mengenakan ID Card.

Dalam Khutbah Idul Adha Dr Ahmad Zayadi, M.Pd., Kepala Kanwil Kemenag Jatim ini mengutip Hasil riset Elizabeth Dunn, pakar psikologi sosial dari University of British Colombia, Vancouver, Kanada.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO