​Kota Makkah Menyambut Musim Haji, Disiapkan 18 Ribu Pekerja untuk Cegah Covid-19

​Kota Makkah Menyambut Musim Haji, Disiapkan 18 Ribu Pekerja untuk Cegah Covid-19 Penyemprotan di semua tempat suci, termasuk di Mina dan Arafah. foto: SPA

BANGSAONLINE.com - Kota Makkah mengumumkan kesiapan rencana operasionalnya untuk tahun ini, sejalan dengan langkah-langkah pencegahan untuk melindungi para jemaah dari Covid-19.

Arabnews memberitakan, pemerintah telah merekrut lebih dari 18.490 pekerja untuk memberikan layanan terbaik bagi para jemaah . Juga disiapkan 28 pusat layanan baru dengan fasilitas lengkap, yang tersebar di setiap sudut Majidil Haram.

Lebih dari 13.500 pembersih dengan peralatan terbaru akan bekerja selama 24 jam di seluruh kota dan tempat-tempat suci, terutama di tempat-tempat ramai dan pada hari-hari puncak. Ada 87.900 kontainer sampah yang ditempatkan di bawah tanah di kawasan Mina.

Akan ada sejumlah tim dan komite untuk memantau pasar, toko makanan, dan restoran sepanjang waktu. Kegiatan kesehatan masyarakat ini menargetkan pedagang grosir, restoran, kafetaria, salon pangkas rambut, binatu, toko roti, dan layanan lainnya.

Tim-tim ini akan menguji makanan secara berkelanjutan dan menghancurkan bahan-bahan yang rusak, mengelola harga, mengawasi sanitasi air, dan memantau rumah jagal, karena mereka memiliki kapasitas operasional tertinggi selama musim. Tim akan melakukan kunjungan lapangan dan mendeteksi kasus epidemi antara hewan, dan untuk memastikan keamanan daging yang diberikan kepada manusia.

Kota Makkah juga akan meningkatkan pengawasan dan pemeliharaannya pada jaringan listrik, jalan, terowongan, jembatan, toilet, dan jaringan drainase, di samping mengalokasikan unit darurat dan tim pendukung untuk menangani situasi seperti kebakaran dan hujan lebat.

Wali Kota Makkah Mohammed Abdullah Al-Quwaihis mengatakan, rencana ini didasarkan pada keputusan Arab Saudi untuk membatasi tahun ini, hanya untuk orang-orang yang sudah tinggal di Saudi Arabia saja.

Sumber: arabnews.com

Lihat juga video 'H Muhammad Faiz Abdul Rozzaq, Penulis Kaligrafi Kiswah Ka'bah Asal Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO