Kamis, 01 Oktober 2020 10:49

Merujuk Pasien Ibu Hamil Anak Kembar ke RSUD Smart Pamekasan, Bidan Desa Didemo Warga

Kamis, 23 Juli 2020 15:59 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yeyen
Merujuk Pasien Ibu Hamil Anak Kembar ke RSUD Smart Pamekasan, Bidan Desa Didemo Warga
Rumah bidan di Desa Palengaan Laok, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan saat didemo masyarakat setempat, Rabu (22/7/2020) sekitar pukul 22.00 WIB. (foto: ist).

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Akibat merujuk pasien ibu hamil yang akan melahirkan ke RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo (RSUD Smart) Pamekasan, seorang bidan di Desa Palengaan Laok, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan didemo warga setempat, Rabu (22/7/2020) sekitar pukul 22.00 WIB.

Kepala Desa Palengaan Laok, H. Moh. Said membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, aksi demo tersebut sudah dapat diredam, dan pihaknya masih mengusahakan si ibu hamil agar bisa kembali dirujuk ke RSUD Smart.

"Kami berkoordinasi dengan Forpimka Palengaan, Dinkes Pamekasan, juga pihak puskesmas dan keluarga pasien untuk merujuk kembali pasien yang mau melahirkan tersebut ke RSUD dr. H. Slamet Martodirjo," tegasnya.

Said meminta agar pihak rumah sakit tidak mendramatisir hal ini. Karena berdasarkan hasil rapid test, si ibu hamil itu dinyatakan reaktif.

"Permintaan ini untuk semua pasien ibu hamil yang harus dirujuk ke rumah sakit, seharusnya pihak rumah sakit memberitahu dengan kata-kata yang lebih baik, sehingga warga tidak panik," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 RSUD dr. H. Slamet Martodirjo Pamekasan, dr. Syaiful Hidayat mengatakan, aksi demo terhadap seorang bidan di Desa Palengaan Laok itu dipicu oleh kekhawatiran warga terhadap Covid-19.

Menurutnya, setelah pasien ibu hamil tersebut dikirim ke RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo, rumah bidan itu langsung digeruduk oleh warga setempat.

"Bidannya yang didemo oleh warga. Pikiran mereka mungkin, kenapa melahirkan harus dikirim ke rumah sakit. Pandangan orang sana, mungkin kalau dikirim ke rumah sakit akan jadi Covid-19," kata Syaiful Hidayat, Kamis (23/7/2020).

"Jadi karena merujuk ibu hamil anak kembar yang akan melahirkan, sehingga warga mendemo bidan tersebut," tuturnya.

Dia menjelaskan, memang saat pasien ibu hamil itu dilakukan rapid test di Ruang IGD RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo, hasilnya reaktif. Selepas itu, petugas medis rumah sakit berencana akan membawa ibu hamil tersebut untuk dirawat di ruang isolasi. Namun saat akan dibawa, yang bersangkutan menolak dan minta pulang malam itu juga.

"Rencana kami setelah pasien ibu hamil itu mau dirawat di ruang isolasi, akan kami lanjutkan melakukan swab. Tapi yang bersangkutan tidak mau, malah minta pulang. Ya kami pulangkan malam itu juga," ujarnya.

Sampai siang ini, berdasarkan informasi yang pihaknya peroleh, ibu hamil tersebut masih belum melahirkan. Berdasarkan pemeriksaan oleh petugas medis RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo, usia kandungan ibu hamil itu sudah 40 minggu, tapi masih belum pembukaan.

"Pasien belum pembukaan dan sampai saat ini belum ada kabar ibu tersebut melahirkan," pungkasnya. (yen/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Rabu, 30 September 2020 20:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Pada tahun 90-an. Saat itu saya baru nikah. Saya bersama beberapa anak muda nongkrong di warung kopi. Tak jauh dari rumah. Warung itu terletak di pinggir jalan. Sekitar 300 meter dari Fakultas Kedokteran Universitas Ai...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...