Jelang Pilbup Banyuwangi 2020, Bakesbangpol Ajak Media Tangkal Hoaks Politik

Jelang Pilbup Banyuwangi 2020, Bakesbangpol Ajak Media Tangkal Hoaks Politik Kepala Bakesbangpol (baju putih), Kasat Intelkam (baju biru), dan para moderator. (foto: ist).

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Dalam menjaga suasana agar tetap kondusif jelang Pilbup Banyuwangi 2020, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Banyuwangi mengadakan acara Sarasehan Wartawan Media Cetak, Elektronik, dan Online Seluruh Banyuwangi pada Kamis (16/7/2020).

Dalam sambutannya, Abdul Aziz Hamidi, Kepala Bakesbangpol Banyuwangi mengatakan, peran media dalam penyelenggaraan ini sebagai ujung tombak untuk menyosialisasikan gelaran pilkada ini. Nantinya, media sangat berperan penting menyukseskan pilkada dengan cara memotivasi masyarakat untuk memilih secara selektif calon-calon yang akan maju dalam pilkada tahun ini.

"Media dalam pemberitaannya harus bisa seimbang tidak membuat isu-isu politik yang bisa membuat tidak kondusif perpolitikan di Kabupaten Banyuwangi," ujarnya, Kamis (16/7/2020).

Seusai sambutan, Kepala Bakesbangpol Banyuwangi bersama ketua organisasi media yang ada di Kabupaten Banyuwangi, menandatangani deklarasi damai Pilkada Banyuwangi 2020.

Sementara itu, Kasat Intelkam Polres Banyuwangi, AKP Andi Amir Wahyudi yang mewakili Kapolresta Banyuwangi dalam acara itu menerangkan, semua elemen harus bersama-sama menyukseskan pilkada yang dilaksanakan di tengah pandemi ini.

Dia menjelaskan, salah satu hal yang patut diwaspadai saat pelaksanaan tahapan pilkada adalah maraknya berita hoaks dan isu-isu politik maupun sara yang biasanya ditunjukkan di salah satu kontestan.

Oleh karena itu, pihaknya berharap jajaran wartawan di Banyuwangi harus bisa menangkal penyebaran berita hoaks tersebut. Salah satu caranya dengan membuat berita yang akurat dan memberikan suasana yang positif bagi masyarakat. "Selain itu, bisa meluruskan berita yang tidak benar terkait pilkada," terangnya.

"Kendati masih berada di masa pandemi corona, pelaksanaan pilkada pada 9 Desember 2020 mendatang sudah menjadi keputusan pemerintah," jelasnya.

Oleh karena itu, jajaran Kepolisian Resort Banyuwangi sebagai petugas pengamanan siap untuk melaksanakan tugasnya.

"Kami mohon dukungan kerja sama dengan kalangan wartawan agar bisa bersinergi, sehingga semua bisa berjalan lancar dan kondusif," tukasnya. (gda/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO