Rabu, 23 September 2020 17:05

Coba ​Selundupkan Benur Lobster Lewat Bandara Juanda, 3 Orang Diringkus Petugas

Rabu, 15 Juli 2020 21:10 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Catur Andy
Coba ​Selundupkan Benur Lobster Lewat Bandara Juanda, 3 Orang Diringkus Petugas
Tiga pelaku penyelundupan benur lobster yang telah ditangkap. (foto: ist).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Praktik penyelundupan benur lobster lewat Bandara Juanda terbongkar. Tiga pelaku dan lobster yang hendak dikirim secara ilegal berhasil diamankan petugas, Rabu (15/7/2020).

Terungkapnya kasus penyelundupan ini bermula dari kecurigaan petugas gabungan Satgaspam TNI AL Bandara Juanda bersama Tim Avsec Angkasa Pura I terhadap seorang calon penumpang pesawat Lion Air tujuan Surabaya-Balikpapan.

Setelah diperiksa petugas, pria berinisial S asal Probolinggo itu kedapatan membawa 37.000 benur lobster jenis pasir dan mutiara.

"Ketika diperiksa, yang bersangkutan juga tidak bisa menunjukkan perizinan terkait benur lobster yang dibawanya," kata Komandan Satgaspam Bandara Juanda, Mayor Laut (T) Fery Hermawan.

Pria itu pun langsung diperiksa petugas, dan diketahui dia tidak bisa menunjukkan dokumen atau legalitas dalam pengiriman benur itu, sebagaimana aturan dalam Undang-Undang Perikanan maupun Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan.

"Dalam pemeriksaan juga diketahui bahwa dia tidak sendirian. Dia dibantu dua rekannya," sambung Fery Hermawan.

Dua pelaku lain bahkan sempat melarikan diri ketika mengetahui rekannya diamankan petugas. Mereka kabur keluar dari kawasan bandara.

Beruntung petugas berhasil melacaknya. Dua pelaku tersebut ditangkap petugas ketika dalam perjalanan dari Bandara Juanda menuju Jalan Tol Waru. Mereka kabur menggunakan mobil.

Dua pelaku berinisial T dan K itu pun berhasil diringkus. "Termasuk mobil yang mereka pakai untuk mengangkut benur juga sudah diamankan petugas," lanjutnya.

Setelah melalui beberapa proses pemeriksaan, tiga pelaku dan barang buktinya diserahkan ke Polresta Sidoarjo untuk diproses lebih lanjut. Polisi juga berusaha mengembangkan perkara tersebut.

"Sedangkan benur lobsternya ditangani Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Juanda," urai dia.

Dalam pemeriksaan sementara, diketahui benur lobster berasal dari Jember dan hendak dibawa ke Balikpapan menggunakan pesawat. Informasinya, Balikpapan hanya tempat transit saja. Tujuan utama benur itu adalah ekspor ke Singapura. (cat/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...