Selasa, 04 Agustus 2020 12:52

Kreatif Jualan Beras India, UMKM di Probolinggo Capai Omzet Rp 150 Juta per Bulan

Rabu, 08 Juli 2020 20:57 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Andi Sirajudin
Kreatif Jualan Beras India, UMKM di Probolinggo Capai Omzet Rp 150 Juta per Bulan
Cahya Kurniasari saat menunjukkan produk UMKM-nya.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Pandemi Virus Corona atau Covid-19 tidak menyurutkan kakak beradik asal Desa Ketompen, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo yang bernama Cahya Kurniasari dan Mira Permata Sari untuk berkreasi dengan sebuah produk "Nasi Basmati".

Produk UMKM yang sudah dirintis sejak 3 tahun lalu itu menghasilkan omzet Rp 150 juta per bulan dengan mempekerjakan karyawan sebanyak 20 orang. Kini, produk UMKM yang bernama "Al Fazza 99" sudah melalang buana hingga seantero nusantara.

Ditemui di rumahnya, Cahya Kurniasari didampingi adiknya, Mira Permata Sari mengatakan jika usaha yang dilakukan dirinya cukup simpel. Yaitu mengemas beras impor dari negara India dalam sebuah produk khas yang lengkap dengan rempah-rempahnya.

"Saya kemas sendiri produk ini lengkap dengan rempah-rempahnya. Kalau berasnya, kita impor dari India. Kita menyuguhkan dengan kemasan yang komplit dengan macam-macam sajian, dengan 5 varian rasa," ujar Cahya Kuniasari didampingi adiknya.

Ketua Himpunan Pengusaha Muda (Hipmi) Kabupaten Probolinggo ini berharap para UMKM lain juga bisa tetap berinovasi di tengah pandemi Covid-19 ini, sehingga menemukan celah baru yang positif atas produk UMKM yang baru.

"UMKM saat ini memang tengah disudutkan dengan kondisi yang tidak baik dan situasi ekonomi yang lesu. Karenanya, pelaku usaha harus menyesuaikan dengan perkembangan yang terjadi di masyarakat dan bisa memanfaatkan media sosial (sosmed) untuk pangsa pasarnya," jelasnya.

Intan, sapaan Cahya Kurniasari, mengaku bisa memproduksi sebanyak 3.000 bungkus produk nasi basmati tiap harinya.

"Kita juga punya reseller di beberapa daerah seperti di Makasar, Sumatra, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Lampung, hingga Papua. Bahkan, saat ini sudah ada pemesanan 2.500 bungkus untuk ekspor ke Malaysia menggunakan reseller Kalimantan," katanya lagi.

Selain produk nasi atau beras basmati, dirinya juga membuat produk berupa kupang krispi yang juga dijual secara online atau daring.

"Alhamdulillah, di tengah pandemi ini pemesanan akan produk Nasi Basmati ini sangat kenceng. Kita juga men-support para UMKM agar terus berkreasi dengan memanfaatkan medsos sebagai peluang pasar. Saya harapkan para pelaku usaha atau UMKM dapat memanfaatkan kanal pemasaran dan penjualan online untuk menjaga keberlangsungan usaha," imbuhnya. (ndi/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...