Sabtu, 08 Agustus 2020 00:45

Gandeng Dinkes, KONI Pamekasan Rapid Test para Atlet Persiapan Porprov

Rabu, 08 Juli 2020 18:43 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yeyen
Gandeng Dinkes, KONI Pamekasan Rapid Test para Atlet Persiapan Porprov
Para atlet, pelatih, dan pengurus KONI Kabupaten Pamekasan mengikuti rapid test di gedung Muhammadiyah Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pamekasan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat melakukan rapid test terhadap para atlet, pelatih, dan pengurus yang dipersiapkan untuk ajang Porprov 2022.

Kegiatan rapid test gratis ini diikuti 117 atlet, pelatih, dan pengurus bertempat di aula Panti Asuhan Muhammadiyah, Jl. Bahagia Kelurahan Bugih, Pamekasan.

Menurut Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Pamekasan, dr. Nanang Suyanto, tujuan utama dari pemeriksaan ini untuk deteksi dini dan dalam rangka memutus rantai penularan Covid-19.

"Hasil yang kita dapatkan, ada tiga yang reaktif. Yaitu 1 atlet, 1 pelatih, dan 1 pengurus KONI," ungkap dr. Nanang, Rabu (08/07/20).

Mantan Kepala Puskesmas Teja ini menambahkan, ketiga orang yang rapid test-nya reaktif disarankan untuk isolasi mandiri selama 14 Hari, dan melakukan pemeriksaan swab untuk mengonfirmasi atau menegaskan diagnosis, positif Covid-19 atau tidak.

"Kami sangat apresiasi karena inisiatif ini datang dari pengurus KONI. Kami hanya berusaha untuk memfasilitasi pemeriksaan pada atlet-atlet dan pelatih, sehingga diharapkan atlet-atlet yang mau berlomba ini dalam keadaan sehat," katanya.

Terpisah, Ketua KONI Pamekasan Lukman el-Hakim berharap semua atlet dalam kondisi sehat, sehingga dapat mempersiapkan diri dengan maksimal dalam menghadapi Porprov 2022.

Sedangkan Wahyudi, Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan, menyambut baik rapid test ini. Menurutnya, rapid test sangat penting bagi para atlet yang beraktivitas tinggi dan sering berinteraksi dengan pelatih maupun atlet lain.

"Alhamdulillah, atlet dan pelatih dari cabor panjat tebing dalam rapid test semuanya nonreaktif dan selalu ditekankan untuk selalu mematuhi dan disiplin protokol kesehatan Covid-19," ujarnya. (yen/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...