Salurkan Bantuan Kemenkes, Wali Kota Risma Bagikan Alat Rapid Test ke 23 Rumah Sakit

Salurkan Bantuan Kemenkes, Wali Kota Risma Bagikan Alat Rapid Test ke 23 Rumah Sakit Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyalurkan bantuan alat rapid test ke perwakilan 23 rumah sakit di Kota Surabaya. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dukungan kepada rumah sakit dari tak henti-hentinya terus dilakukan. Selain alat pelindung diri (APD), pemkot juga memberikan seperangkat alat rapid test untuk 23 rumah sakit rujukan maupun non rujukan di Kota Pahlawan.

Seperti yang berlangsung Sabtu (04/07) kemarin, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyalurkan bantuan alat rapid test yang merupakan pemberian dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) beberapa waktu lalu. Namun, khusus untuk saat ini, Wali Kota Risma meminta agar alat tersebut diperuntukkan khusus bagi pasien.

“Bukan untuk tenaga kesehatan (nakes), karena nanti akan saya ajukan khusus untuk tenaga medis,” kata Wali Kota Risma di sela-sela kegiatan.

Meski begitu, ia juga meminta pihak rumah sakit agar mendata seluruh karyawan di rumah sakit. Mulai dari jumlah nakes, cleaning service, bahkan sampai dengan driver. Nah, jika nantinya alat rapid test yang diajukan sudah datang, maka para nakes ini akan melakukan tes secara mandiri di rumah sakit masing-masing.

“Saya ajukan dahulu. Jadi nanti bapak ibu yang melakukan (rapid test) mandiri. Saya kasih bahannya. Gitu ya, sepakat ya?,” kata Risma di sela menyalurkan bantuan.

Tidak hanya itu, ia juga meminta agar masing-masing rumah sakit membuat laporan penerimaan dan pengalokasian rapid test tersebut secara jelas dan rinci. Sebab menurutnya, bantuan alat rapid test ini harus dipertanggungjawabkan dengan jelas, lantaran menyangkut uang rakyat. Seperti misalnya melampirkan data diri pasien lengkap, foto tiap pasien yang melakukan rapid test dan kapan penerimaannya dari .

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO