Selasa, 04 Agustus 2020 11:54

Gulung Tikar Akibat Pandemi, Wabup Qosim Ajak Dialog Asosiasi UMKM Gresik

Kamis, 02 Juli 2020 15:14 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Gulung Tikar Akibat Pandemi, Wabup Qosim Ajak Dialog Asosiasi UMKM Gresik
Wabup Qosim saat foto bersama para pelaku UMKM. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sejumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Gresik, mulai bertumbangan dan gulung tikar. Hal itu terjadi lantaran adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia selama beberapa bulan terakhir.

Hal ini terungkap ketika 17 perwakilan Asosiasi UMKM Kabupaten Gresik melakukan dialog dengan Wakil Bupati Gresik, Moh. Qosim dan Kepala Diskop, Usaha Mikro, dan Perindag Gresik, Agus Budiono di RM (Rumah Makan) Rahmawati, Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Kebomas, Rabu (1/7/2020) petang.

Wabup Qosim mengungkapkan bahwa banyak keluhan yang disampaikan para UMKM akibat dampak pandemi Covid-19. "Ada yang mengeluhkan suaminya tak lagi bekerja, penjualan sepi, omzet menurun, juga ada UMKM yang belum mendapatkan bantuan dampak Covid-19," ungkapnya.

UMKM juga ada yang meminta difasilitasi mendapatkan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan pola keringanan pinjaman termasuk angsuran. "Jadi, nanti ada jeda 6 bulan baru bisa nyicil setelah usaha sudah mulai berjalan baik," katanya.

"UMKM juga ada yang menyorot soal pemanfaatan Galeri Pudak Gresik di Jalan Pahlawan yang belum maksimal karena produk yang dijual belum banyak menjual produk khas Gresik," cetusnya.

Ketua Asosiasi UMKM Kabupaten Gresik, Muhammad Faizin menyatakan bahwa forum dialog yang digelar dengan Wabup dan Kepala Diskop UM dan Perindag untuk menyampaikan sejumlah persoalan yang tengah dihadapi oleh UMKM di masa pandemi Covid-19.

"Jadi, pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada sektor UMKM," ujar Faizin kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (1/7/2020).

Sejumlah UMKM, lanjut Faizin, sangat terpengaruh dengan masa pandemi Covid-19 ini. Permintaan produk maupun penjualan barang menurun drastis. "Fakta ini yang membuat para pelaku UMKM yang tak punya banyak modal, bertumbangan dan gulung tikar," ungkapnya.

Karena itu, Faizin berharap agar Pemkab Gresik bisa membantu kesulitan UMKM. "Kami meminta keringanan berupa insentif pajak. UMKM juga meminta lebih diberdayakan serta dibantu lebih berinovasi, dan memasarkan produk," tukasnya.

Sementara itu, Agus Budiono membenarkan bahwa ada sejumlah UMKM yang gulung tikar akibat dampak pandemi Covid-19. "Iya, ada beberapa memang yang gulung tikar akibat dampak Covid-19," katanya.

Terkait permintaan keringanan insentif pajak bagi UMKM, Agus Budiono mengungkapkan pihaknya tak bisa memenuhi tuntutan mereka. "Insentif pajak itu wilayahnya BPPKAD, sehingga kami tak bisa memenuhi tuntutan mereka," ungkapnya.

Agus menambahkan, saat ini total ada 176 ribu UMKM di Kabupaten Gresik. "Diskop tengah lakukan verifikasi UMKM tersebut," pungkasnya. (hud/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...