Peroleh Destana Award, ​Kelurahan Ketami Kota Kediri Dihadiahi Kentongan

Peroleh Destana Award, ​Kelurahan Ketami Kota Kediri Dihadiahi Kentongan Kentongan yang diserahkan oleh Kasi PL BPBD Provinsi Jatim, Tiffany Rita Bawole kepada Lurah Ketami, F. Yeriastika.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren, berhasil mendapatkan hadiah berupa kentongan dari BPBD Provinsi Jawa Timur. Kentongan ini diserahkan oleh Kasi PL BPBD Provinsi Jatim, Tiffany Rita Bawole kepada Lurah Ketami, F. Yeriastika, Selasa (30/6/2020) di Kantor Kelurahan Ketami.

Penghargaan Destana Award ini berhasil diraih Kelurahan Ketami berkat inovasi dari Kelurahan Ketami dan BPBD dalam pengkajian risiko bencana, perencanaan penanggulangan bencana, pembentukan forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB), peningkatan kapasitas, serta laporan kegiatan.

menjadi salah satu dari 4 daerah di Jawa Timur yang menerima penghargaan Destana (Desa Tangguh Bencana) tingkat madya. Karena memang memiliki kesiapsiagaan yang bagus dalam menghadapi bencana, seperti kebakaran lahan yang disimulasikan tahun kemarin,” ujar Tiffany saat ditemui di Kelurahan Ketami usai penyerahan kentongan.

Dalam kesempatan yang sama, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD , Adi Sutrisno berharap dengan berhasilnya Kelurahan Ketami di Destana Award ini, bisa memacu kelurahan lain untuk membentuk kelurahan tanggap bencana.

“Harapan kami, 46 kelurahan di bisa menjadi Destana. Kami juga mengimbau kepada pihak kelurahan, kecamatan, dan masyarakat untuk bekerja sama menyiapkan kelurahannya masing-masing, baik itu secara anggaran dana, SDM, maupun peralatan yang dibutuhkan berdasarkan potensi bencana di lingkungannya,” pungkas Adi.

Sebagaimana diketahui, Kelurahan Ketami merupakan satu-satunya kelurahan di yang meraih penghargaan Destana Award tahun 2019. Sebenarnya, ada lima kelurahan di yang diajukan oleh BPBD untuk mengikuti Destana Award, yakni Kelurahan Pojok, Kelurahan Burengan, Kelurahan Manisrenggo, Kelurahan Ketami, dan Kelurahan Singonegaran. Namun, hanya Kelurahan Ketami yang mendapatkan penghargaan sebagai Kelurahan Tangguh Bencana kategori Madya.

Penghargaan ini diberikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Surabaya pada bulan Oktober 2019 lalu. Selain menerima trofi, piagam penghargaan, dan uang pembinaan sebesar 10 Juta, Kelurahan Ketami juga mendapatkan kentongan dari BPBD Provinsi Jawa Timur yang diberikan pada hari ini.

Sebelum pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, khususnya , Pemkot Kediri telah membentuk beberapa Desa atau Kelurahan Tangguh Bencana (Destana). Dengan Destana ini, Pemkot Kediri mengharapkan meningkatnya kesiapsiagaan masyarakat terhadap suatu bencana yang tidak dapat diprediksi kapan datangnya, seperti halnya pandemi saat ini. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO