Selasa, 15 Juni 2021 12:59

​1.200 Hafidz Hatamkan 200 Kali Al-Quran, Munajat Covid-19 Dihadiri Wagub Jatim

Senin, 29 Juni 2020 09:11 WIB
Editor: MMA
​1.200 Hafidz Hatamkan 200 Kali Al-Quran, Munajat Covid-19 Dihadiri Wagub Jatim
Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim dan Dr. Emil Dardak dalam Munajat covid-19 di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya, Ahad (27/6/2020) malam. foto: MMA/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 1.200 penghafal Al-Quran (Hafidz) se-Kabupaten Mojokerto berkumpul di Masjid Raya Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto, Jawa Timur. Mereka menghatamkan 200 kali al-Quran dalam waktu dua jam.

“Masing-masing peserta membaca 5 juz. Sehingga 6 peserta khatam sekali. Jadi kalau 600 peserta mereka khatam 100 kali,” tutur Prof. Dr. KH, Asep Saifuddin Chalim kepada BANGSAONLINE.com usai acara munajat untuk menghilangkan Covid-19 di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Jalan Siwalankerto Utara Surabaya, Ahad (28/6/2020) malam.

Menurut Kiai Asep, acara khataman al-Quran itu berlangsung pagi dan sore. “Pagi 600 peserta dan sore 600 peserta,” kata pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto itu sembari mengatakan bahwa di Kabupaten Mojokerto ada perkumpulan penghafal al-Quran yang jumlahnya mencapai 1.300 hafidz. “Tapi yang datang 1.200 hafidz,” jelasnya.

BACA JUGA : 

Puluhan Hafiz dan Hafizah Kota Kediri Ikuti Seleksi Tunjangan Kehormatan Program "Jatim Berkah"

​Tangkal Covid-19, Warga Arosbaya Rajin Dzikir dan Burdah

Wagub Jatim Emil Dardak: AMSI Bisa Jadi Sumber Big Data Terbesar

Lepas Ekspor PT Sun Paper Source dan Sidak Harga Pasar Legi Mojosari, Wamendag: Ekspor Kita Surplus

Kiai Asep menjelaskan bahwa khataman al-Quran itu juga bagian dari rangkaian ikhtiar untuk menghilangkan covid-19 dari Indonenesia, terutama Jawa Timur. Kiai Asep lalu mengutip Hadits.

“Menurut teorinya, siapa yang membaca al-Quran sampai khatam maka doanya dikabulkan oleh Allah,” kata Kiai Asep.

Pada malam harinya, Kiai Asep mengundang para kiai untuk Munajat kepada Allah SWT di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya. Dengan imam salat Kiai Asep, para kiai itu menggelar salat malam secara berjamaah sehabis salat Isya’. Salat malam itu 12 rakaat dengan enam kali salam. Lalu salat witir tiga rakaat dengan dua kali salam.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestiato Dardak hadir menjelang salat witir. Usai memberi sambutan, ia meninggalkan tempat, sementara para kiai melanjutkan salat witir, istighatsah dan doa bersama.

Hadir dalam Munajat itu, antara lain: Dr. KH. Ahrar Mukarrom (Ketua Senat Uninsa Surabaya), KH. Muhamad Roziqi (Ketua Dewan Masjid Indonesia Jawa Timur), Dr. KH. M. Sujak (Kepala Badan Pengelola Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya).

Kemudian KH. Ahyar (Surabaya), KH. Munif (Sekretaris Umum MUI Kota Surabaya), KH. Ahmad Sururi (Ketua Pergunu Jawa Timur), Dr. Zakaria Muhtadi (Direktur Pascasarjana Institut Agama Islam Al-Khoziny Sidoarjo) dan para kiai lain.

Hadir juga Ketua PC Muslimat NU Kota Surabaya, Nyai Hj. Lilik Fadilah, Sekretaris PC Muslimat NU Surabaya Nyai Hj. Fatimah, dan Wakil Ketua Muslimat PCNU Surabaya Nyai Hj Masfufah Hasyim. (MMA)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipanggil pr...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...