​Khofifah kepada Jokowi: 70 % Tak Pakai Masker, 84 % Tak Physical Distancing

​Khofifah kepada Jokowi: 70 % Tak Pakai Masker, 84 % Tak Physical Distancing Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. foto: BANGSAONLINE.COM

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kunjungan Presiden Joko Widodo ke dan Banyuwangi, Jawa Timur, hari ini, Kamis (25/6/2020), selain banyak memberi arahan juga mendengarkan informasi langsung tentang penanganan dari Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa. Dalam rapat di Gedung Grahadi , melaporkan apa adanya tentang penanganan di wilayah yang dipimpinnya. 

Menutut dia, ia semula sempat bangga karena penyebaran virus Corona di Jawa Timur sempat melandai tajam. "Kami sempat mendapatkan kebahagiaan ketika tanggal 9 Juni sebetulnya Rate of transmission di Jawa Timur sudah 0,86 persen. Tapi kemudian ada kenaikan kembali pada tanggal 24 Juni kemarin menjadi 1,08 persen," kata Gubernur di Gedung Grahadi , Kamis (25/6/2020).

Menurut dia, wilayah Raya, Rate of Transmission nya sudah sempat di bawah 1 sampai dengan 6 hari. juga di bawah 1 sempat 6 hari. Sidoarjo di bawah 1 sempat 8 hari. Gresik di bawah 1 sempat 6 hari.

Hal itulah, kata , yang membuat ia sempat optimistis bahwa 8 hari lagi Jawa Timur sudah siap new normal. Namun ternyata fakta kemudian berbalik. "Imbauan kami pada saat lebaran supaya silaturahim secara virtual dan seterusnya, itu tidak mudah untuk mengajak masyarakat halal bihalal secara digital saja," kata sembari mengatakan bahwa masyarakat menganggap kurang afdlol jika tak bertemu langsung dalam berhalal bihalal.

juga memaparkan temuan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM Unair). Hasil temuan FKM Unair itu menyebutkan bahwa kepatuhan masyarakat sangat rendah. Terutama di tempat-tempat ibadah di Raya. Temuan itu menyebutkan 70 persen tidak menggunakan masker, dan 84 persen tidak melakukan physical distancing.

Menurut , tidak hanya di tempat ibadah, di pasar tradisional jumlah masyarakat yang tidak menggunakan masker meningkat hingga 84 persen. Hal ini juga terjadi di tempat nongkrong, di mana ada 88 persen tak menggunakan masker.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO