​Kades Pasirharjo Blitar Sudah Dua Kali Bantu Persalinan di Pinggir Jalan

​Kades Pasirharjo Blitar Sudah Dua Kali Bantu Persalinan di Pinggir Jalan Kades Chusana saat membantu persalinan seorang ibu yang juga dilakukan di pinggir jalan tahun 2018 lalu.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Menolong orang melahirkan ternyata bukan pengalaman pertama bagi Chusana Churori, Kepala Desa (Kades) Pasirharjo, Kecamatan Talun, Kabupaten

Jauh sebelum menolong ibu melahirkan di pinggir jalan yang terjadi pada Selasa (23/6/2020) kemarin, pada 2018 lalu dia pernah mengalami hal serupa. Ceritanya pun hampir sama. Bedanya, bayi yang dilahirkan berjenis kelamin perempuan.

Dia menceritakan saat itu ada seorang ibu yang hendak melahirkan diantar suaminya jalan kaki ke rumah bidan desa. Belum sampai di rumah bidan, si ibu sudah tidak kuat dan terduduk di pinggir jalan. Melihat istri kesakitan, suaminya berteriak hingga membuat Chusana keluar dari rumahnya.

"Saat itu malam takbiran, itu warga saya. Mereka ini jalan kaki bukan naik sepeda motor padahal jarak rumahnya ke rumah bidan desa agak jauh. Nah, kalau sudah pembukaan dipakai jalan kan otomatis mempercepat proses persalinan. Karena tidak kuat istrinya duduk di jalan, suaminya teriak-teriak lalu saya keluar. Karena bayi sudah mau keluar saya tolong sekalian. Kejadiannya juga sama persis di tempat yang sama," jelasnya.

Chusana mengaku, kemampuannya menolong persalinan ini dia dapat setelah empat kali mendampingi istrinya melahirkan. Saat proses persalinan anaknya, tak hanya memberi semangat sang istri, Chusana juga membantu perawat membantu proses persalinan.

"Saya punya anak empat yang satu meninggal. Keempatnya saya temani istri selama proses persalinan. Tidak hanya memberi semangat, saya juga membantu perawatnya," pungkasnya. (ina/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Digiring Maling, Ratusan Bebek Milik Warga di Blitar Raib':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO