Prioritaskan Ambulans Pasien Covid-19 di Kota Kediri, Lampu Merah Bisa Disulap Jadi Hijau

Prioritaskan Ambulans Pasien Covid-19 di Kota Kediri, Lampu Merah Bisa Disulap Jadi Hijau Suasana ruang Command Center Dishub Kota Kerdiri.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Biasanya kita melihat hacker bisa mengatur lalu lintas dengan membuat lampu hijau menjadi merah. Atau sebaliknya, lampu merah jadi lampu hijau seketika hanya lewat adegan sebuah film. Namun, di hal ini bisa menjadi kenyataan.

Melalui Command Center Dinas Perhubungan , hal itu sangat bisa diwujudkan. Bukan hanya soal lampu lalu lintas, tapi juga bisa mengatur kendaraan prioritas untuk laju.

Command Center Dishub memantau traffic di seluruh jalanan . Pada saat Covid-19, kita bisa mengatur lampu lalu lintas untuk mendahulukan ambulans,” kata Bambang Trilasmono, Kabid Manajemen Angkutan Dinas Perhubungan , Rabu (24/6).

Selain mobil ambulans, lanjut Bambang, Dishub sehari-hari juga memprioritaskan angkot dan bus sekolah. Jadi, bila angkot dan bus sekolah melalui lampu lalu lintas, lampu diubah menjadi hijau dari Command Center.

Command Center Dishub dilengkapi dengan ATCS (Area Traffic Control System) yang terhubung dengan CCTV di 17 titik utama lampu lalu lintas di . Maka, bus sekolah maupun angkot yang melalui lampu merah tersebut bisa terpantau dari Command Center.

“Dari ruang kontrol itu, bisa juga by request untuk mengatur lampu lalu lintasnya. Misalnya ada rombongan penting yang akan lewat,” tambah Bambang. 

Lihat juga video 'Mobil di Jakarta Timur Halangi Ambulans Saat Bawa Pasien':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO